Bantai Persisam, Persib ke Peringkat Dua

BANDUNG - Persib Bandung naik ke posisi dua klasemen sementara Indonesia Super League (ISL) musim ini setelah mengalahkan Persisam Samarinda dengan skor 4-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (30/6/2013).

'Maung Bandung' kini mengoleksi poin 53 atau unggul satu poin dari Sriwijaya FC yang harus melorot ke posisi tiga klasemen. Sebab di laga kemarin kontra Pelita Bandung Raya (PBR), Sriwijaya FC hanya mampu menuntaskan laga dengan skor 2-2.

Gol kemenangan Persib diciptakan Hilton Moreira pada menit ke-2 dan 71, Sergio van Dijk menit ke-17, dan Kenji Adachihara menit ke-94. Sedangkan satu-satunya gol Persisam dicetak Osas Saha pada menit 59.

Jalannya pertandingan
Babak pertama
Tampil dengan susunan pemain terbaiknya, Persib langsung menggebrak. Menit pertama, M Ridwan mengecoh dua pemain belakang Persisam dan melepas sepakan yang mampu diblok kiper Fauzi Toldo.

Menit kedua, Sergio van Dijk melepas umpan terobosan ke kotak penalti. Hilton yang tanpa kawalan dengan tenang melepas sepakan terukur. Skor 1-0 untuk keunggulan 'Maung Bandung'.

Kerja sama apik Fpara pemain Persib kembali membuahkan gol pada menit 17. Umpan matang Firman di kotak penalti, dengan mudah dieksekusi Sergio dengan sepakan kaki kirinya dan membuat skor jadi 2-0.

Terus ditekan, Persisam berusaha bangkit. Pada menit 28, Ferdinand Sinaga melepas sepakan first time. Sayang bola melambung jauh dari sasaran. Menit 29, Osas Saha melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Sempat terjadi kemelut, tapi bola mampu diamankan kiper I Made Wirawan.

Hilton Moriera seperti tak mau ketinggalan beraksi. Aksi individunya pada menit 30 membuat lini belakang Persisam kelabakan. Beruntung bagi 'Pesut Mahakam', tendangan Hilton melebar ke kiri gawang.

Menit 36, giliran Abanda Herman yang beraksi. Ia menyundul bola menerima tendangan sudut Supardi. Tapi Fauzi Toldo dengan cekatan mampu menghalau bola.

Gelandang Persisam, Ebrahim Lovinian, nyaris membuat gol pada menit 40. Sayang tendangan bebasnya membentur tiang.

Hilton Moriera dan Sergio van Dijk nyaris menambah keunggulan Persib masing-masing pada menit 45 dan 46. Sepakan Hilton melenceng, sedangkan peluang Serio mampu dimentahkan Fauzi Toldo. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua
Setelah jeda, Persisam mengambil inisiatif serangan. Beberapa kali peluang Persisam mampu dipatahkan barisan pertahanan Persib. Upaya Persisam kemudian membuahkan hasil pada meni 59. Adalah Osas Saha yang mengubah skor jadi 2-1.

Persib lalu melakukan pergantian pemain. Kiper I Made Wirawan ditarik karena cedera pada menit 62 dan digantikan Sahar Ginanjar.

'Maung Bandung' lalu berusaha bangkit. Menit ke-68, Hilton Moriera melepas tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang tembakannya mampu dimentahkan Fauzi Toldo. Bola liar juga tak mampu dimanfaatkan M Ridwan dengan baik.

Keunggulan Persib kembali bertambah setelah Hilton Moriera mencetak gol pada menit ke-71. Gol berawal dari umpan silang Firman Utina pada Sergio van Dijk. Sergio lalu meneruskan umpan pada Hilton. Tanpa kesulitan, Hilton menyundul bola yang tak mampu dijangkau Fauzi Toldo. Skor 3-1 untuk keunggulan Persib.

Unggul 3-1, Persib tetap bernafsu menambah keunggulan. Menit 85, M Ridwan melepas tendangan keras di kotak penalti. Sayang tembakannya melenceng tipis di atas mistar gawang.

Kenji bahkan membuat Persisam makin menderita. Masuk sebagai pemain pengganti, Kenji mencetak gol pamungkas pada menit ke-94 lewat aksi individunya. Laga berakhir dengan skor 4-1.

Sementara dalam laga kali ini, wasit mengeluarkan tiga kartu kuning untuk pemain Persib masing-masing Hariono, Tony Sucipto, dan Sergio van Dijk. Sedangkan pemain Persisam tidak mendapat kartu kuning.

Susunan pemain:
PERSIB: I Made Wirawan (62' Sahar Ginanjar), Abanda Herman, Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Supardi, Hariono, Asri Akbar, M Ridwan, Firman Utina (88' Atep), Hilton Moriera (85' Kenji Adachihara), Sergio van Dijk

PERSISAM: Fauzi Toldo, M Roby, Joel Tsimi, Supriyono, Ahmad Sumardi, Ebrahim Lovinian, Dian Irawan (46' Coudry M Setiawan), M Ridhuan (70' M Ridhuan), Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, Osas Saha

Ayo follow untuk mendapat informasi update tentang sepakbola! (dit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/06/30/49/829739/bantai-persisam-persib-ke-peringkat-dua