De Boer: Bayern Penguasa Eropa? Masih Prematur

AMSTERDAM – Raihan treble winners Bayern Munich tak pelak membuat banyak pihak terkesan, termasuk legenda hidup Belanda Ronald De Boer. Namun jika menyebut bahwa Bayern sudah pantas mengklaim dominasi Eropa, tunggu dulu!
 
De Boer merasa anggap di atas masih terlalu dini alias prematur. Baginya, Barcelona masih bertahan sebagai dominator, kendati musim lalu takhta Champions League jatuh ke tangan Die Roten. Hegemoni Los Cules dinilai belum habis, apalagi Barca tak puasa gelar lantaran mencuri kembali titel La Liga dari Real Madrid.
 
"Bayern punya kualitas mengalahkan siapa saja di hari baik mereka. Bayern memainkan sepakbola yang luar biasa dan di atas rata-rata hampir di tiap pekannya sepanjang musim lalu," tutur De Boer, sebagaimana dikutip Goal, Jumat (21/6/2013).
 
"Musim 2012-13 mereka tampil amat baik, bahkan dibandingkan Barcelona. Mereka sangat terorganisir – mengingatkan saya pada tim Ajax (Amsterdam) di tahun 1995 lalu. Mereka punya pemain-pemain berkelas dari lini belakang sampai depan. Tiap-tiap dari mereka mengerahkan kualitas spesialnya demi kepentingan tim," lanjutnya.
 
"Tapi saya merasa, masih terlalu prematur membicarakan tentang pergantian penguasa (Eropa). Sebenarnya Barcelona mampu mengalahkan Bayer, namun mereka harus berada dalam top performa mereka," imbuh pelatih akademi muda Ajax itu.
 
Mantan aanvaller (penyerang) Ajax, Barca dan tim nasional Belanda yang juga Kakak kembar Frank De Boer itu tak ketinggalan angkat suara perihal Josep Guardiola. Tanpa bermaksud meremehkan, De Boer mengaku hampir mustahil bagi Guardiola untuk mengulang warisan treble Jupp Heynckes musim depan.
 
"Upaya mempertahankan sukses treble, takkan menjadi hal yang realistis. Seberapa sering hal itu bisa terjadi? Dari semua kompetisi di dunia, mengulang sukses itu memerlukan akan memerlukan keberuntungan. Tapi satu hal yang pasti: Bayern berada di tangan yang tepat untuk bertahun-tahun ke depan," tutup De Boer.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/06/21/48/825248/de-boer-bayern-penguasa-eropa-masih-prematur