Fred & Neymar Bikin Gol, Brasil di Atas Angin

RIO DE JANEIRO – Tim nasional Brasil tampil luar biasa di babak pertama final Piala Konfederasi dengan unggul 2-0 atas juara dunia dan Eropa Spanyol lewat gol Fred di menit kedua dan Neymar sesaat sebelum turun minum.
 
Jalannya Pertandingan
Bertanding di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, 80 ribu fans Brasil langsung bersorak ketika tuan rumah unggul cepat di menit kedua tepatnya pada detik ke-96 melalui tendangan Fred. Berawal dari umpan silang Hulk di sisi kiri pertahanan Spanyol, bola sempat menyentuh tangan Alvaro Arbeloa sebelum bola liar berhasil ditendang Fred sambil menjatuhkan diri.
 
Oscar! Menit kedelapan, Selecao nyaris menggandakan keunggulannya ketika tendangan mendatar Oscar di tepi kotak penalti hanya tipis menyamping gawang Iker Casillas. Selecao lagi-lagi mendapat peluang kali ini melalui Paulinho pada menit ke-12. Namun, tendangan chip Paulinho masih bisa ditepis Casillas.
 
Keributan sempat pecah di menit ke-14 kala Neymar yang berhasil melepaskan diri dari penjagaan Arbeloa dijatuhkan oleh bek Real Madrid tersebut. Para pemain Brasil meminta Arbeloa dikeluarkan tapi wasit Bjorn Kuipers asal Belanda hanya memberinya kartu kuning.
 
Spanyol baru mendapat peluang pertama pada menit ke-19 melalui tendangan jarak jauh Andres Iniesta dari jarak 30 meter tapi masih bisa dihalau Julio Cesar dan hanya menghasilkan sepak pojok. La Furia Roja mulai bisa mendominasi penguasaan bola.
 
Brasil pun dipaksa cuma mengandalkan serangan balik. Namun, counter attack Tim Samba tetap berbahaya. Pada menit ke-29 umpan terobosan Hulk kepada Oscar memaksa Sergio Ramos menjatuhkan gelandang Chelsea tersebut hanya sedikit di luar kotak penalti. Beruntung, Ramos cuma diberi kartu kuning. Tendangan bebas yang dieksekusi Hulk masih melambung.
 
Casillas! Lagi-lagi melalui skema serangan balik, Neymar memberi umpan silang mendatar kepada Fred yang lantas menendang bola tapi Casillas membuat penyelamatan gemilang melalui kakinya pada menit ke-32. Tim Samba benar-benar merepotkan Tim Matador.
 
Luar biasa David Luiz! Bek Chelsea itu melakukan halauan spektakuler di garis gawang pada menit ke-39. Berawal dari umpan terobosan Juan Mata kepada Pedro, penyerang sayap Barca ini tinggal berhadapan dengan Julio Cesar dan di saat bola akan masuk, David Luiz melakukan penyelamatan.
 
Gol! Neymar! Pada menit ke-43, Maracana kembali bergemuruh ketika Neymar mencetak gol. Penyerang Barca ini dengan cerdik lolos dari perangkap offside dan tendangan kaki kirinya menghujam dengan telak ke jala Casillas.
 
Susunan Pemain
Brasil (4-2-3-1): 12-Julio Cesar; 2-Dani Alves, 4-David Luiz, 3-Thiago Silva, 6-Marcelo; 17-Luiz Gustavo, 18-Paulinho; 19-Hulk, 11-Oscar, 10-Neymar; 9-Fred.
 
Spanyol (4-3-3): 1-Casillas; 17-Arbeloa, 3-Pique, 15-Ramos, 18-Alba; 8-Xavi, 16-Busquets, 6-Iniesta; 11-Pedro, 9-Torres, 13-Mata.
(auz)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/01/51/829819/fred-neymar-bikin-gol-brasil-di-atas-angin