Hadapi Bontang, Persiba Timpang

BANTUL - Persiba Bantul tidak bisa menurunkan skuad terbaiknya saat menjamu Bontang FC dalam lanjutan Indonesian Premier League (IPL) di Stadion Sultan Agung, Minggu (23/6/2013). Sejumlah pilar Laskar Sultan Agung harus absen karena berbagai alasan. Namun, target poin sempurna tetap dikumandangkan tim kebanggaan publik Bantul.
 
Pemain Persiba yang dipastikan absen adalah Nopendi. Wing back kanan yang pernah berkostum merah putih di era Nil Maizar ini dihukum larangan bermain karena mendapat kartu merah di laga terakhir kontra Persijap lalu. Wing back kiri Danan Puspito terpaksa juga harus absen karena akumulasi kartu.
 
Selain itu, striker I Made Wirahadi kemungkinan juga diparkir karena kembali didera cedera. Sedangkan playmaker Ezequiel Gonzalez kemungkinan besar juga tidak masuk skuad Persiba. "Memang banyak yang absen, tapi karena ini laga kandang, maka tidak bisa tidak harus menang," kata Asisten Pelatih Sajuri Syahid.
 
Meksi dengan materi pemain seadanya, Sajuri optimitis bisa mengamankan tiga poin atas tim yang musim lalu nyaris degradasi tersebut. "Optimitis harus, tapi jangan terlalu overconfidence," tegasnya.
 
Sajuri memastikan dalam laga kandangnya yang keenam musim ini, tim besutannya tetap mempraktekkan permainan menyerang. Absennya striker I Made Wirahadi tidak menyurutkan semangat bemain ofensif dan terbuka sejak menit pertama. "Karena ini laga kandang, kami akan bermain menyerang sejak awal pertandingan," ungkapnya.
 
Persiba kemungkinan besar tetap mengusung formasi 4-4-2. Duet lini depan hampir pasti menjadi milik Ugiek Sugiyanto dan Roberto Kwateh. Sejauh ini, Kwateh cukup produktif tampil di depan sendiri. Setidaknya sampai laga kesebelas musim ini, eks striker Persepar Palangkaraya ini sudah mengemas tujuh gol. Top skor sementara untuk Persiba.
 
Pelatih Kepala Persiba M. Basri mengungkapkan untuk lini depan tidak ada persoalan meski Wirahadi tidak bisa berada di bench. Kualitas Ugik dan Kwateh bisa diandalkan. Ketiga striker (Ugik-Kwateh-Wirahadi) yang dimiliki Persiba juga hampir setara kualitasnya. "Sulit membedakan mana yang inti dan mana yang pelapis, karena kualitas ketiganya setara," kata dia.
 
Namun, untuk absennya Nopendi memang menjadi kendala. Sejauh ini, atlet terbaik Bantul 2011 ini nyaris tidak tergantikan perannya. "Tentunya tim pelatih sudah menyiapkan pemain yang layaknya mengisi pos yang ditinggalkan Nopendi. Harapan kami, pemain pelapis itu bisa tampil maksimal," ujarnya.
 
Kemungkinan besar, pemain yang mengisi kekosongan duo wing back adalah Kerry Yudiono dan Gunawan. Sedangkan FX Harminanto kemungkinan akan diberi peran mengisi posisi Ezequiel Gonzalez jika pemain asal Argentina ini benar-benar tidak bisa dimainkan. "Siapa pun yang dimainkan, wajib siap mental dan fisik," kata M. Basri.
(Ridwan Anshori/Koran SI/raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/06/22/49/825882/hadapi-bontang-persiba-timpang