Hong Myungbo Jadi Pelatih Baru Korsel

SEOUL – Mulai hari ini Timnas Korea Selatan (Korsel) menunjuk Hong Myungbo sebagai pelatih kepala mereka. Myungbo akan bertugas untuk menyiapkan Taeguk Warriors - julukan Korsel- menjelang Piala Dunia 2014 di Brasil.
 
Asosiasi Sepakbola Korsel mengatakan, Hong diberi kontrak dua tahun untuk menggantikan posisi Choi Kanghee, yang mundur sebagai pelatih Timnas Korsel pada pekan lalu usai nyaris gagal lolos untuk ke delapan kalinya secara berturut-turut ke Piala Dunia.
 
Sebagai pemain, Hong Myungbo sendiri pernah empat kali beruntun mewakili Timnas Korsel di Piala Dunia, dari Piala Dunia 1990 hingga menjadi pahlawan sebagai kapten Taeguk Warriors kala mencapai semifinal di Piala Dunia 2012, di mana Korsel menjadi tuan rumah bersama Jepang.
 
Hong memulai karier kepelatihannya sebagai asisten di tim nasional senior dari 2005 sampai 2007. Dia juga membawa Korea Selatan meraih medali perunggu di Asian Games 2010 Guangzhou, dan memimpin Timnas U-23 Korsel memenangkan medali perunggu di Olimpiade London tahun lalu. Itu medali Olimpiade pertama Korsel dari cabang sepakbola.
 
Hong Myungbo pun dinilai menjadi sosok yang tepat untuk menyuntikkan kepercayaan diri dan motivasi bagi Keun-Ho Lee cs. Pengalaman pelatih berusia 44 tahun itu dianggap bisa membantu Korsel yang lolos ke Brasil 2014 berkat keunggulan selisih gol dari Uzbekistan.
 
Dalam empat laga terakhir di kualifikasi Grup A Piala Dunia 2014, Korsel dua kali kalah dari Iran, sekali diimbangi Lebanon, dan menang atas Uzbekistan. Sementara itu, Uzbekistan sendiri yang kalah selisih gol dari Korsel harus memainkan partai play-off antarkonfederasi melawan peringkat ketiga Grup A, Yordania. Salah satu dari kedua tim Asia yang tersisa ini akan menantang peringkat kelima zona Conmebol dalam dua leg laga play-off, November mendatang.
 
(win)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/06/24/51/826663/hong-myungbo-jadi-pelatih-baru-korsel