Senjata Ampuh Azzurri Sulitkan Spanyol

FORTALEZA – Sejak dipastikan bersua Spanyol di babak empat besar, Il Tecnico Nazionale, Cesare Prandelli sudah merasa Italia tak diunggulkan. Akan tetapi Prandelli menjanjikan penampilan yang berbeda dan mengaku punya senjata ampuh untuk menyulitkan sang juara dunia.
 
"Semasa saya memegang jabatan kepelatihan Italia, kami sudah tiga kali menghadapi mereka. Kami menang dalam laga persahabatan di Bari, kemudian imbang di fase grup Euro dan kalah pada partai final di Kiev," papar Prandelli, seperti dinukil Football-Italia, Kamis (27/6/2013).
 
"Kami sepenuhnya mengormati mereka, tapi kami punya senjata untuk membuat Spanyol kesulitan di semifinal nanti. Kami butuh memaksimalkan keberanian dan karakter sejati kami," tambahnya.
 
Untuk resep formula line-up, Prandelli menolak memberi bocoran apakah akan tetap menerapkan sistem 3-4-2-1 atau akan melakukan transformasi. Akan tetapi yang pasti, Prandelli jelas sudah tahu bahwa La Roja akan bermain seperti biasa – mencoba menguasai possession bola.
 
"Kami harus memikirkan lawan kami sungguh-sungguh. Fakta bahwa kami akan mengubah sistem, bukan berarti kami yang akan kesulitan. Tapi tetap saja wacana perubahan itu hanya sekadar ide. Tak ada sistem sempurna yang bisa memberi Anda jaminan untuk mengalahkan Spanyol," sambung Prandelli.
 
"Kami tahu bahwa mereka akan mempertahankan possession, tapi kami akan bermain dengan cara yang kami mainkan seperti di babak kedua saat menghadapi Brasil. Spanyol akan bermain dengan penyerang walau tanpa adanya titik referensi dan ruang untuk menyerang. Kami akan tetap bermain ofensif karena kami punya pemain-pemain berkualitas," imbuhnya.
 
Namun, Italia takkan diisi skuad terbaiknya. Ignazio Abate dan Mario Balotelli harus menepi hingga akhir Piala Konfederasi. Alberto Gilardino disebut-sebut akan jadi pengganti Balotelli di lini depan. Tetapi setidaknya Italia akan kembali diperkuat duo punggawa lini tengah andalan mereka, Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi.
 
"Gilardino akan mengisi posisi Balotelli. Dia pemain yang bisa dipercaya dan tahu bagaimana caranya mencetak gol. Sangat disayangkan Balotelli absen, apalagi saya tahu bahwa dia sangat ingin bermain di semifinal," lanjut Prandelli.
 
"Kami mungkin kehilangan beberapa individu yang berkualitas, tapi kami akan meningkatkan level kualitas kolektif. Kami harus berpikir positif dan itulah salah satu alasan mengapa tim kami punya nyawa yang berbeda. Melawan Brasil, kami sempat tertinggal 1-3 di stadion yang dipenuhi warna kuning, tapi kami mampu membuat khawatir Seleção," tutupnya.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/06/27/51/828545/senjata-ampuh-azzurri-sulitkan-spanyol