Trengginas pada Paruh Kedua, Persib Gilas PSPS

PEKANBARU - Sempat kesulitan mencetak gol pada babak pertama, Persib Bandung meraih kemenangan 4-0 atas PSPS Pekanbaru, pada pertandingan lanjutan Indonesia Super League (ISL) musim ini. Empat gol yang bersarang di gawang tuan rumah dicetak Kenji Adachihara, M.Ridwan, Sergio Van Dijk, dan satu gol bunuh diri.
 
Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Kaharuddin Nasution, Selasa (25/6/2013) sore tersebut, Maung Bandung sebenarnya sempat mandek pada babak pertama karena selalu gagal memanfaatkan peluang. Namun, memasuki paruh kedua, dengan sejumlah pergantian pemain, Persib tampil trengginas hingga akhirnya mampu menyarangkan empat gol.
 
Dengan hasil tersebut, Maung Bandung yang sebelumnya berada di peringkat empat klasemen sementara, mengumpulkan 50 poin menyamai perolehan poin Arema Indonesia yang berada satu tingkat di atasnya. Sementara dalam selisih gol, Persib (memasukan 58, kemasukan 32) dan Arema (memasukan 49, kemasukan 23) pun sama-sama ada pada angka 26.
 
Jalannya pertandingan
Babak I
Berstatus sebagai tim tamu, Persib tanpa malu-malu langsung menggebrak sejak awal babak pertama, meskipun serangan-serangan yang dibangun masih belum efektif. Namun, pada menit 11, Maung Bandung mulai mengancam lewat sepakan kaki kiri Sergio Van Dijk dari luar kotak penalti. Persib belum beruntung, karena bola masih menerpa jaring atas gawang tim tuan rumah.
 
Tuan rumah pun sesekali membangun serangan meskipun tak terlalu merepotkan lini pertahanan Persib. Pada menit 15, Dika melakukan tembakan jarak jauh, namun bola hasil tendangannya masih terlampau lemah dan mampu diantisipasi dengan baik oleh I Made Wirawan. Kedudukan pun belum berubah, masih kacamata.
 
Memasuki menit 22, Hilton Moreira berkesempatan membuat timnya unggul. Berawal dari serangan Persib di sisi kiri pertahanan PSPS, Van Dijk kemudian melepaskan umpan terukur ke dalam kotak penalti, yang kemudian coba disambut Hilton. Namun, karena adanya gangguan dari pemain belakang Tim Asykar Bertuah, bola hasil sundulan Hilton masih menyamping.
 
Peluang terbaik Persib didapat pada menit 43, lewat bek kanan Supardi. Memanfaatkan buruknya koordinasi di lini pertahanan PSPS, Supardi, yang ada di sisi kiri gawang Chandra, melepaskan tembakan keras. Namun, bola masih membentur mistar gawang. Dan, babak pertama pun akhirnya usai dengan kedudukan 0-0.
 
Babak II
Memasuki interval kedua, Maung Bandung masih mencoba untuk membuka keunggulan atas tuan rumah. Pada menit 51, Hilton melakukan tembakan keras terarah dari dalam kotak penalti, namun bola masih bisa ditangkap oleh Chandra. Sementara empat menit kemudian, giliran M.Ridwan, namun bola hasil sepakannya mengenai badan pemain PSPS, sehingga melenceng dari sasaran.
 
Pada menit 57, peluang bagus dimiliki Atep, yang baru masuk pada babak kedua menggantikan Asri Akbar. Mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti Asykar Bertuah, Atep melakukan tembakan keras, namun Chandra dengan gemilang menepis bola sehingga gawang PSPS pun tetap aman dari kebobolan.
 
Selanjutnya, Persib kian mendominasi. Dan, mereka pun memecah kebuntuan pada menit 73, saat bola hasil umpan yang dilepaskan Supardi di sisi kiri pertahanan Asykar Bertuah coba disundul oleh Kenji Adachihara. Bola sebenarnya sempat mengenai kaki kiper PSPS, namun akhirnya masuk ke gawang sendiri. Maung Bandung unggul 1-0.
 
Enam menit berselang, Persib yang masih bernafsu untuk mencetak gol menambah keunggulan lewat M.Ridwan. Diawali crossing yang dilepaskan dari sisi kiri, bek PSPS gagal mengantisipasi bola dengan sempurna dan membuat Ridwan menguasai bola dengan bebas di dalam kotak penalti. Ridwan pun langsung menuntaskannya dengan tembakan keras. Gol! Skor menjadi 2-0.
 
Pada menit 82, gawang Asykar Bertuah kembali kebobolan. Serangan yang dibangun para pemain Persib di sisi kiri membuat Ridwan melepaskan umpan datar ke dalam kotak penalti. Bola kemudian membentur bek tuan rumah, Gusripen Efendi sehingga masuk ke gawang sendiri. Maung Bandung pun menjauh 3-0.
 
Satu menit jelang waktu normal usai, Van Dijk tak mau ketinggalan mencetak gol. Mendapat umpan lambung dari Ridwan, penyerang berkepala plontos itu menanduk bola tanpa mendapat pengawalan berarti. Dan, tak berselang lama, wasit pun meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Persib menang 4-0 atas PSPS.
 
Susunan pemain:
PSPS: Candra, Dika, Gusripen, Novi, Ario, April, Danil, Camara, Redo (Rusdianto 68'), Hadison (Putra 88'), Isnaini

PERSIB:

Made,.Abanda, Maman, Tony, Supardi, M. Ridwan, Hariono, Asri Akbar (Atep 46'), Firman (Messi 85'), Hilton (Kenji 65'), Van Dijk (dit)
source : http://bola.okezone.com/read/2013/06/25/49/827472/trengginas-pada-paruh-kedua-persib-gilas-psps