Arema Rawan Didera Kelelahan

SAMARINDA - Niatan Arema Cronous memperoleh poin di kandang Persisam Samarinda mendapat ganjalan serius. Kondisi fisik mereka terancam tak cukup memadai untuk bisa tampil sempurna di Stadion Segiri, Samarinda, Kamis (1/8) malam.
 
Arema tidak memiliki cukup waktu untuk recovery setelah dikalahkan Mitra Kukar di Tenggarong dua hari sebelumnya. Sedangkan tuan rumah Persisam memiliki waktu recovery sehari lebih banyak. Tak heran jika Arema diragukan bisa meningkatkan mutu permainan di laga nanti.
 
Sudah begitu, klub berjuluk Singo Edan juga hampir pasti tak bisa memainkan bek tangguh Victor Igbonefo karena cedera punggung. Setidaknya hingga sehari sebelum pertandingan dia tidak bisa berlatih dan kecil kemungkinan bakal ambil bagian di Stadion Segiri.
 
Kendati dalam situasi rumit, Arema tidak memiliki pilihan lain kecuali berupaya keras meningkatkan level performa dan mengejar angka. Sebab jika kembali kalah, maka posisi runner up yang sementara masih aman, sangat rentan disabet pesaing-pesaing di bawahnya.
 
"Dari sisi recovery memang tak menguntungkan, karena hanya istirahat dua hari. Persiapan teknis lawan Persisam juga minim. Tapi saya harus meningkatkan level permainan anak-anak agar lebih berpeluang mendapatkan poin," ujar Pelatih Arema Rahmad Darmawan.
 
Dia mengakui Persisam lebih diuntungkan karena masa istirahat lebih panjang. Itu berkaitan ditundanya laga Arema saat lawan Mita Kukar. Tapi pelatih bersapa RD ini tak mau memikirkan jadwal pertandingan, karena situasi apa pun harus tetap dihadapi dengan tenang.
 
Soal kondisi Victor Igbonefo, sang juru racik strategi tak bisa menjamin dia bakal bisa dimainkan pada laga nanti. "Kondisinya belum bagus. Kalau memang harus absen, masih ada Munhar atau Purwaka Yudi yang bisa bekerjasama dengan Thierry Gathuessi," tuturnya.
 
Selain ancaman kelelahan dan absennya Victor, tidak ada persoalan serius di kubu tim kesayangan Aremania. Kalau pun ada persoalan yang membutuhkan solusi, itu terkait dengan aspek teknis yakni kualitas serta determinasi pemain di lapangan yang terlihat buruk saat kontra Mitra.
 
Soal potensi ancaman yang bisa ditimbulkan tuan rumah, RD menyebut nama Ferdinand Sinaga, Osas Saha dan Bayu Gatra. Dengan kecepatan dan olah bola mumpuni, ketiganya bermain cukup menonjol di laga sebelumnya walau akhirnya Persisam menyerah 1-2 di kaki Persegres Gresik United.
 
Jika Arema kehilangan bek tengah Victor Igbonefo, pihak Pesut Mahakam juga dicemaskan kondisi kapten M Roby yang juga cedera. Menurut dokter tim Persisam, setidaknya Roby harus istirahat sepekan karena mengalami cedera otot. Dengan begitu peluang bermain lawan Arema bakal kecil.
 
Belum ada konfirmasi resmi dari pelatih Sartono Anwar soal pengganjal bek tengah jika M Roby benar-benar harus menyingkir. Namun bek Supriono sudah bisa kembali bermain.
 
"Ada pemain yang bisa menggantikan. Tapi saya berharap dia bisa bermain karena Persisam tidak boleh kehilangan poin lagi setelah kalah lawan Persegres," kata Sartono Anwar.
 
Persisam layak cemas jelang laga kontra Singo Edan jika melihat mereka tak mampu mengoptimalkan momentum saat lawan Persegres. Apalagi, walau Arema baru saja menelan kekalahan di Tenggarong, kekuatan mereka secara teknis lebih baik dibanding Persegres.
 
Prakiraan Susunan Pemain

Persisam Samarinda (4-4-2):
Fauzi Toldo (gk), A Sumardi, Supriono, Tsimi Joel, Wildansyah; D Irawan, Lovenian Ebrahim, Bayu Gatra, M Ridhuan; F Sinaga, Osas Saha.
 
Arema Cronous (4-1-3-2):
Kurnia Meiga (gk), Hasyim Kipuw, Purwaka Yudhi, Thierry Gathuessi, Benny Wahyudi; Egi Melgiansyah; Kayamba Gumbs, Greg Nwokolo, Dedi Kusnandar; Beto Goncalves, Christian Gonzales.
(Kukuh Setiawan/Koran SI/raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/31/49/845534/arema-rawan-didera-kelelahan