Basmi Korupsi, AFC Bentuk Komite Etik

MANAMA – Dalam upaya membasmi korupsi dan berbagai kesalahan yang mematikan kejujuran pertandingan di benua Asia, Komite Eksekutif AFC mendukung pembentukan Komite Etik sesuai arahan FIFA, Senin 22 Juli.

Pada pertemuan perdananya di bawah pimpinan Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, para anggota menyetujui dua bagian komite etik – pertama, investigasi dan kedua, peradilan – dan juga mengadopsi kode etik yang berkekuatan setara dengan Kode Etik FIFA.

Melalui e-letter untuk berbagai media massa yang juga ditembuskan ke okezone, Selasa (23/7/2013), Shaikh Salman mengatakan, komite baru ini akan mulai berfungsi pada Januari tahun depan dan berharap akan membantu AFC memerangi korupsi di semua tingkatan.

Para anggota pun memutuskan untuk merayakan ulang tahun ke-60 dari konfederasi sepakbola Asia tahun depan dengan skala besar. Sebuah panitia kerja telah dibentuk untuk mengarahkan rencana perayaan.

Shaikh Salman juga memuji upaya Presiden FIFA Sepp Blatter dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para pemain asal Palestina.

"FIFA telah membentuk satuan tugas, yang terdiri dari Presiden FIFA, UEFA, dan Presiden AFC serta Presiden Asosiasi Sepakbola Israel dan Palestina, untuk menyelesaikan masalah ini. Gugus tugas ini akan bertemu pada 3 September," ujar Shaikh Salman. (min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/24/51/841539/basmi-korupsi-afc-bentuk-komite-etik