Conte: Saya Takkan Mengubah Strategi

TURIN – Jelang kompetisi musim baru, Juventus dikabarkan bakal mengubah formasinya. Namun sang allenatore, Antonio Conte membantah pernyataan itu dan menganggap belum terpikirkan untuk mengubahnya.
 
Conte merupakan salah satu pelatih yang paling sering melakukan inovasi soal strategi. Seperti pada saat melatih Siena, dia menggunakan formasi 4-2-4. Strategi itu coba diterapkan saat menukangi Juve, namun tak berjalan baik.
 
Pada akhirnya selama dua musim berkarier di Turin, dia memakai formasi 4-4-1-1, 3-5-2, hingga 3-5-1-1 di akhir kompetisi. Tercatat dua scudetto dan satu trofi Supercoppa Italia diboyongnya ke J-Museum.
 
Kini seiring datangnya para pemain baru, seperti Carlos Tevez dan Fernando Llorente, banyak yang mengindikasikan bahwa dia akan menerapkan pola 3-3-4. Komposisinya di belakang ada trio bek tangguh, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini.
 
Di lini tengah, Conte tetap mempercayakan trio MVP, yang diisi oleh Claudio Marchisio, Arturo Vidal, dan Andrea Pirlo. Sedangkan empat barisan di lini serang, Mirko Vucinic dan Kwadwo Asamoah yang berada di dua sisi bakal membantu duet anyar Bianconeri, Tevez dan Llorente.
 
Namun pada kenyataannya, pada saat melibas tim Lega Pro, Avgreville dengan skor 7-0 Rabu (17/7/2013) kemarin, allenatore berusia 43 tahun itu menggunakan formasi 4-4-2 di babak pertama dan 3-5-2 di paruh kedua.
 
"Kami memenangkan scudetto pada dua musim ini, jadi saya tidak melihat alasan bahwa kami ingin mengubah taktik. Kami bermain seperti kami selalu lakukan," ucap Conte, seperti dilansir situs resmi Juve, Kamis (18/7/2013).
 
"Kami mencapai perempatfinal Liga Champions dalam pengalaman pertama kami berkompetisi, bermain sepakbola Indah dengan cara kami. Dengan begitu, kami akan melanjutkan apa yang kami lakukan," tegas Conte.
 
Pada uji coba pramusim tersebut, salah satu pemain anyar Conte, Tevez mencetak gol dalam debutnya berseragam Bianconeri. Vucinic dan Alessandro Matri mencetak dua gol. Marco Motta sempat membuka keran gol Juve, dan penyerang muda berusia 18 tahun Federico Mattielio melengkapi pesta gol Juventus ke gawang Aygreville.

Follow
(fir)
source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/18/47/839119/conte-saya-takkan-mengubah-strategi