Dua Pemain Belize Laporkan Upaya Pengaturan Skor

OREGON – Piala Emas atau turnamen konfederasi CONCACAF yang diselanggarakan di Amerika Serikat ternodai oleh skandal pengaturan skor yang dilaporkan oleh dua pemain dari Negara Belize. Kedua pemain tersebut dikabarkan menerima tawaran dari seorang oknum untuk mengatur hasil pertandingan.
 
Ian Gaynair dan Woodrow West adalah dua sosok pemberani dari Belize yang membocorkan informasi kepada pihak berwenang bahwa adanya upaya pengaturan skor di pertandingan pembuka Piala Emas yang mempertemukan Belize dan tuan rumah, Amerika Serikat. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan skor telak 6-1 untuk kemenangan tim tuan rumah.
 
"CONCACAF telah diberitahu bahwa adanya upaya penyuapan kepada pemain tim nasional Belize, Woodrow West dan Ian Gaynair pada 7 Juli, dua hari sebelum pertandingan mereka (Belize) di Grup A Piala Emas melawan Amerika Serikat yang berlokasi di Portland, Oregon," bunyi pernyataan yang dilontarkan CONCACAF seperti dilaporkan Soccerway.
 
Lebih lanjut, pihak CONCACAF langsung melakukan investigasi bersama dengan FIFA atas insiden ini. Mereka mengklaim sudah mengindentifikasi pelaku penyuapan.
 
"Kedua pemain tersebut secara langsung menghampiri petugas konfederasi sesaat setelah insiden (penyuapan) itu terjadi. Menanggapi laporan itu, CONCACAF meluncurkan investigasi yang dibantu oleh FIFA. Hasil investigasi awal memberi hasil positif dimana berhasil mengindentifikasi individu yang melakukan penyuapan," lanjut pernyataan itu.
 
"Kami ingin berterima kasih kepada Woodrow West dan Ian Gaynair atas keberanian dan komitmen mereka untuk menjaga integritas permainan kami," tutup pernyataan tersebut.
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/12/51/835991/dua-pemain-belize-laporkan-upaya-pengaturan-skor