Ini Cara Djanur Memotivasi Latihan di Saat Puasa

BANDUNG - Para pemain Persib Bandung sepertinya belum terbiasa latihan setelah siang harinya menjalani puasa. Tapi pelatih Djadjang Nurdjaman (Djanur) punya trik khusus agar pemainnya semangat latihan.
 
Dalam sesi latihan malam di Stadion Siliwangi, Djanur mengompori para pemain pemainnya dengan motivasi. Sebab di awal latihan para pemainnya sempat mengeluh saat berlatih mulai pukul 21.00 WIB.
 
Tak tanggung-tanggung, Djanur ikut berlari-lari seperti pemain lainnya. Bahkan saat latihan game, Djanur turun sebagai pemain sekaligus memberi instruksi. Ia bahkan terlibat duel seru dengan para pemainnya.
 
Ia pun mengungkap alasan kenapa turun sebagai pemain dadakan saat latihan. "Saya sendiri bisa merasakan sebetulnya tidak apa-apa (latihan di bulan Ramadan)," ujar Djanur.
 
Pada dasarnya, semua pemain bisa berlatih dengan porsi latihan normal seperti bulan biasa. "Saya saja sudah tua masih bisa lari-lari, bandingannya dengan pemain seperti itu. Makanya itu (saya jadi pemain dadakan) untuk meyakinkan pemain, tidak apa-apa," jelasnya.
 
Kunci dari latihan saat bulan Ramadan menurutnya adalah pemain mau memaksakan diri. Dengan cara seperti itu, porsi latihan seberat apapun sebenarnya bisa dilahap.
 
"Di awal latihan mereka agak sedikit ngeluh tuh. Akhirnya saya bilang paksa. Mereka akhirnya bisa juga (latihan keras)," ungkap Djanur.
 
Dalam sesi latihan itu, Djanur mengaku menerapkan porsi latihan hampir sama dengan latihan di bulan biasa. Itu diperlukan karena Persib akan melakoni dua laga berat melawan Barito Putra dan Mitra Kukar.
 
"Makanya kenapa saya berani berikan porsi latihan tidak terlalu jauh berbeda dengan seperti biasa," tandas Djanur.
 
Latihan malam pun dilakukan untuk adaptasi pemainnya. Sebab dalam tur Kalimantan nanti, kick off laga digelar malam. Djanur bahkan sempat memeragakan strategi yang akan dimainkan dalam tur Kalimantan.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/18/49/838625/ini-cara-djanur-memotivasi-latihan-di-saat-puasa