Klinsmann Dilarang Dampingi AS di Final

WASHINGTON - Pelatih Amerika Serikat Jurgen Klinsmann dilarang berada di tepi lapangan, saat Amerika Serikat menghadapi Panama di final Gold Cup, Minggu 28 Juli. Situasi yang kurang menguntungkan bagi pasukan Paman Sam. Tapi, itulah buah dari aksi tak terpuji mantan bintang Timnas Jerman era 90-an itu di laga sebelumnya.
 
Federasi Sepakbola Konfederasi Sepakbola, Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), menjatuhkan sanksi kepada Klinsmann, setelah pelatih berusia 48 tahun itu melempar bola ke arah wasit, dengan cara yang kasar. Peristiwa itu terjadi pada menit 87, saat menghadapi Honduras di semifinal, Rabu kemarin. Padahal, AS dalam keadaan unggul 3-1.
 
Ketidakhadiran Klinsmann di bench, akan membuatnya tidak leluasa memompa semangat para pemain, sekadar memberi instruksi, untuk bertahan, atau menyerang.
 
Situasi ini toh tidak mengendurkan keyakinan kapten AS, DaMacrus Beasley. Sebab bukan berarti, Klinsmann tak bisa memberi arahan. Pesan-pesan yang bisa ia sampaikan sebelum pertandingan, menurutnya sudah cukup menjadi acuan ketika di lapangan, meski akan lebih baik bila ia melihat Klinsmann di pinggir lapangan.
 
"Kami butuh seseorang yang antusias di pinggir lapangan. Terutama, ketika kami mencetak gol atau ketika dia akan mengatakan sesuatu kepada kami, bila kami harus mengubah sesuatu," kata DaMacrus, seperti dikutip Cbc.ca, Sabtu (27/7/2013).
 
Klinsmann juga menyesal telah membuat timnya terpaksa bertarung tanpa kehadirannya di pinggir lapangan.Dia pun meminta maaf atas aksinya Rabu kemarin. Mengenai aksinya, Klinsmann mengatakan dia frustrasi dengan kepemimpinan wasit, karena beberapa kali tidak mengeluarkan kartu kepada pemain lawan yang mengasari pemainnya.
 
Klinsmann memang pantas menyesal tidak bisa hadir untuk Landon Donovan dan kolega di laga final. Pasalnya, bila menang di final, Negeri Paman Sam mengoleksi gelar ke-5 Piala Gold Cup. AS juga memburu kemenangan beruntun dalam 10 pertandingan terakhir mereka.
 
Gold Cup 2013, diikuti 12 timnas, yaitu Honduras, Meksiko,Panama, Amerika Serikat, Kuba, Trinidad Tobago, Kanada, Martinique, Haiti,Kosta Rika, El Savador, Belize. Panama, yang akan menjadi lawan AS di final, sebelumnya mengandaskan Meksiko 3-1 di semifinal.
 
Folow Twitter
(fit)
source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/27/51/843351/klinsmann-dilarang-dampingi-as-di-final