Mourinho, Lain Dulu Lain Sekarang

PORTO РBerbagai tingkah dan perilaku Jos̩ Mourinho semasa menukangi Real Madrid, ternyata masih membekas. Malah, ada yang tak menyangka Mourinho punya kelakuan provokatif nan kontroversial yang acap menuai cibiran dari berbagai pihak.
 
Padahal saat merintis kariernya sebagai "pengamat" dan tangan kanan Bobby Robson di Barcelona hingga membesut FC Porto, Mou – panggilan santai Mourinho, punya tabiat yang terbilang kalem dan sopan. Namun lain dulu lain sekarang. Terlepas dari berbagai pencapaian prestasinya, cap buruk media dan publik tetap mengekor sejalan di belakangnya.
 
"Mourinho sangat berbeda di Porto. Saya tak menyangka bahwa Mou, bisa berkelakuan seperti itu di Real Madrid. dia tak melakukan selebrasi (provokatif) ketika kami memenangkan Champions League (2004), tapi saya tak pernah punya masalah dengannya," terang Presiden Porto, Jorge Nuno Pinto da Costa.
 
"Dulu dia sangat sopan. Dia memang ambisius dan cerdas. Saya merasa kala itu, dia merupakan pelatih yang ideal untuk memberikan kami segala hal yang kami butuhkan," imbuhnya kepada Marca, Senin (8/7/2013).
 
Sebagaimana diuraikan pada paragraf kedua, Mou merintis kariernya layaknya pelatih pada umumnya. Di musim pertama menjadi salah satu staf Robson di bench Blaugrana, Mou pun tak luput kesempatan menjadi asisten di musim keduanya sembari mencuri banyak pelajaran dari legenda Inggris tersebut.
 
"Augusto Inacio adalah asisten pelatih pertama Robson. Mou mengamati dan mencatat segala hal dalam jurnalnya. Dia hampir tak ambil bagian sebagai staf Robson," lanjut Da Costa.
 
"Sedikit demi sedikit, dia mulai terlibat dalam sesi latihan. Saat itu dia sudah siap menjadi asisten pelatih di musim keduanya. Lalu ketika Barca tak lagi menggunakan jasa Robson, Mourinho pun ikut pergi," tutupnya.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/08/50/833322/mourinho-lain-dulu-lain-sekarang