Penggila Bola di Brasil Diminta Ubah Tabiat

Anang Fajar Irawan - Okezone Jum'at, 12 Juli 2013 11:41 wib RIO DE JANEIRO – Euforia dalam sepakbola memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tapi dalam euforia tersebut, ternyata juga bisa mendatangkan petaka bagi kelompok tertentu. Kira-kira seperti itulah yang kini sedang dialami pecinta sepakbola di Brasil.
 
Seperti diketahui bersama, animo masyarakat Brasil dalam sepakbola memang tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya di level negara, saat klub-klub Brasil bertanding pun, gemuruh penonton terasa sangat membahana.
 
Seperti contoh, setiap klub-klub asal Rio de Janeiro bertanding, seperti Flamengo, Fluminense, Vasco da Gama dan Botafogo. Pemandangan seperti kibaran bendera raksasa, penonton membuka baju dan menyanyikan chants diiringi instrumen musik, dan lemparan gulungan tissue toilet tentu sudah menjadi 'tradisi' bagi mereka para pendukung fanatik.
 
Perilaku inilah yang membuat FIFA, selaku badan induk sepakbola dunia, meminta kelakuan tersebut dihilangkan demi memberikan kenyamanan para penonton yang berasal dari luar Brasil saat gelaran Piala Dunia 2014 dilaksanakan.
 
Imbauan ini membuat pihak dari pengelola stadion Maracana yang terdapat di kota Rio Janeiro, angkat suara.
 
President of the Maracana Consortium, Joao Borba menyampaikan, "Saat ini kami sudah melakukan pembicaraan dengan pihak klub-klub untuk mengubah kebiasaan tersebut," katanya kepada Extra, disitat NYTimes, Jumat (12/7/2013).
 
"Kebiasaan yang saya maksud di sini adalah kebiasaan fans membawa bendera berukuran besar, membakar petasan, dan menonton pertandingan sambil berdiri," terusnya. Sejauh ini, di antara semua klub asal Rio de Janeiro, baru dari pihak klub Fluminense yang menyetujui perjanjian.
 
 
Dapatkan info sepakbola terlengkap hanya di
(acf)
source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/12/51/835900/penggila-bola-di-brasil-diminta-ubah-tabiat