Robben: Pep Takkan Korbankan Kreativitas Demi Taktik

MUNICH – Datangnya pelatih baru bisa jadi akan mendatangkan pula sistem dan taktik permainan baru. Namun Arjen Robben merasa Josep 'Pep' Guardiola takkan mengubah drastis permainan Bayern Munich yang dianggapnya sudah cukup mapan.
 
Permainan di mana sejumlah pemain utama, diberi kebebasan berkreasi dengan skill masing-masing layaknya Bayern saat ditukangi Jupp Heynckes. Robben sendiri misalnya. Winger internasional Belanda itu acap diberi kelowongan untuk bergerak bebas memanfaatkan kelebihan dribble dan kecepatannya.
 
"Kami sudah mapan sebagai tim dan kami semua punya perannya masing-masing. Pep tahu bagaimana kami bermain. Saya rasa, dia takkan meminta saya mengurangi dribble dan akselerasi berlari," tutur Robben.
 
"Jika Anda melakukan itu, maka Anda akan mengeliminasi kekuatan saya. Saya pikir, Pep takkan mengorbankan kreativitas di antara para pemain," lanjutnya kepada LaGazettadelloSport, Selasa (9/7/2013).
 
Robben juga sekaligus menanggapi potensi dirinya sebagai calon pemenang FIFA Ballon d'Or berikutnya. Robben tak merasa sebagai nominator yang layak, lantaran tak pernah merasa kemampuan individunya melebihi kolektivitas tim yang selama ini, vital bagi sukses treble winners Bayern musim lalu.
 
"Saya tak melihat diri saya sebagai kandidat untuk memenangkan FIFA Ballon d'Or. Penghargaan individu tak berarti banyak ketimbang trofi yang Anda menangkan bersama tim," imbuh pemain kelahiran Bedum 29 tahun lalu itu.
 
"Sukses Bayern dimenangkan karena kami adalah tim. Kami tak punya pemain seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, tapi kami kuat sebagai satu unit tim. Sulit untuk menonjolkan satu bintang individu. Di Bayern yang saya tahu, tak ada yang benar-benar peduli tentang Ballon d'Or," tuntas Robben.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/09/48/834499/robben-pep-takkan-korbankan-kreativitas-demi-taktik