"Sistem Permainan Martino Cocok dengan Barca"

BARCELONA – Javier Mascherano membela keputusan Barcelona, yang menunjuk Gerardo 'Tata' Martino sebagai pelatih baru Blaugrana menggantikan Tito Vilanova. Menurut Mascherano, kompatriotnya asal Argentina itu akan mampu memimpin dan beradaptasi dengan gaya Barca.
 
Meski mengaku belum mengenal lebih dalam sosok Martino, Mascherano mengetahui rekam jejak mantan pelatih Newell's Old Boys itu. Bagi mantan gelandang Liverpool ini, yang terpenting sekarang adalah melakukan yang terbaik untuk tim.
 
"Saya tidak tahu banyak tentang Martino. Tapi, dia punya karier pelatih selama 15 tahun, sebagian besar waktu yang dihabiskan dengan tim nasional Paraguay, dan dia mencapai hasil yang baik di sana," jelas Mascherano, seperti dilansir Football-Espana, Sabtu (27/7/2013).
 
"Saya tidak dalam posisi untuk menilai Martino. Mempekerjakan dia bukan berdasarkan saya, tapi orang-orang yang membuat keputusan. Pemain hanya karyawan klub, kami harus melakukan apa yang terbaik untuk tim ini," terangnya.
 
"Saya belum pernah bekerja dengan dia (Martino), jadi saya tidak tahu apa yang diharapkan, tapi dari apa yang saya lihat dia telah mengubah cara bermain Newell's," ucap mantan pemain West Ham ini.
 
Soal strategi, Mascherano yakin Martino bakal menerapkan gaya permainan yang tak jauh berbeda dari pelatih-pelatih Blaugrana sebelumnya. Dia berharap, dengan pelatih yang baru, tim asal Catalan ini tak menemui kesulitan terutama di awal-awal musim.
 
"Martino memainkan sistem yang sama yang kami mainkan. Setiap pelatih memiliki nuansa mereka, tetapi gagasannya adalah sama. Sebelum Guardiola dan Tito, ada Rijkaard dan Van Gaal, kenyataannya adalah bahwa tak ada yang berubah," paparnya.
 
"Orang-orang tidak boleh lupa meskipun bahwa kami telah memiliki beberapa hari yang sulit," tuturnya.
 
"Seorang pelatih baru telah datang dan kami harus mulai dari nol. Ketidakpastian terjadi tidak hanya di staf, tetapi dalam diri kami sendiri," tutupnya.
 
(win)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/27/46/843294/sistem-permainan-martino-cocok-dengan-barca