Valdano Puji Langkah Barca Rekrut Martino

MADRID - Barcelona telah menunjuk Gerardo Martino sebagai pelatih anyar, setelah Tito Vilanova turun dari kursi kepelatian. Eks pemain, pelatih, dan direktur Real Madrid asal Argentina -berkewarganegaraan sama dengan Martino-, Jorge Valdano mengatakan bahwa penunjukkan Martino merupakan langkah yang tepat.
 
Nama Martino memang muncul secara mendadak, menyusul pengumuman dari pihak Barca, yang tak lagi menjadikan Vilanova menjadi pelatih kepala akibat kanker tenggorokan yang dideritanya. Meski namanya tak setenar kandidat-kandidat lain seperti Andre Villas-Boas dan Luis Enrique, Martino, yang merupakan mantan pelatih Timnas Paraguay dan Newell's Old Boys jadi kandidat terkuat.
 
"Fans Barcelona tak tahu menahu siapa Tata Martino. Bahkan dia (Martino) seperti alien bagi sebagian besar jurnalis olahraga di Spanyol. Faktanya, di bursa judi, dia mendapat dukungan tujuh persen, itu adalah suatu kebodohan," ujar Valdano, seperti dilansir Football-Espana, Kamis (25/7/2013).
 
"Tapi, orang-orang kemudian mengumpulkan data (tentang Martino). Dia merupakan karakter yang pantas untuk diketahui. Dia bijaksana, berpengatahuan baik (tentang sepakbola), dan sangat mampu menahan dari secara emosional. Tampaknya, ini sesuai dengan gaya Barcelona, dan saya pikir mereka tak salah (merekrutnya)," tutup mantan pemain yang tiga tahun membela Los Merengues (1984-1987) itu.
 
Sebagai pelatih klub, Martino pernah mencicipi gelar juara bersama Libertad (Liga Utama Paraguay pada 2002, 2003, 2006), Cerro Porteno (Liga Utama Paraguay pada 2004), dan Newell's Old Boys (Liga Utama Argentina pada 2013). Selain itu, pelatih berusia 50 tahun tersebut juga membawa Newell's melaju ke partai puncak Copa Libertadores, sebelum akhirnya dikalahkan Atletico Miniero. (dit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/07/25/46/842170/valdano-puji-langkah-barca-rekrut-martino