Adu Kuat "Pentolan" London Utara

LONDON – Beberapa musim belakangan ini, Arsenal ternyata tak sendiri lagi tampil jumawa di pentas domestik maupun Eropa sebagai tim kuat asal London Utara. Tottenham Hotspur tak lagi jadi tim kelas dua dan kemungkinan malah, Spurs jadi tim yang paling sering diberi acungan jempol ketimbang saudara tuanya itu.
 
Alasannya apalagi kalau bukan menyoal indeks prestasi. Di kala The Gunners stuck tanpa gelar bermusim-musim, Spurs menjelma jadi kekuatan baru dan memaksa Premier League menambah daftar tim elitenya dari The Big Four menjadi The Big Six dengan tentunya Spurs ada di dalamnya – bersama Manchester City.
 
Beda dengan City, The Lilywhites membangun kekuatannya bukan dengan uang semata. Spurs bak membangun reputasinya benar-benar dari dasar. Belakangan, Spurs mampu belanja lebih sering dari Arsenal lantaran memang punya neraca keuangan yang baik.
 
Masih tentang Spurs dan jika menyinggung soal transfer, nama Gareth Bale paling ramai jadi buah bibir. Kini satu kaki winger lincah itu dipastikan sudah meninggalkan White Hart Lane dan sebagai gantinya, gaffer André Villas-Boas menambah Erik Lamela. Villas-Boas berkilah, Spurs bisa lebih kuat lagi musim ini dengan belanja besar.
 
"Keinginan kami adalah menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Jika kami melibatkan target tertentu yang memang kami cari, kami bisa jadi tim yang kuat. Kami ingin punya kekuatan skuad yang sama di berbagai sektor," tutur Villas-Boas.
 
Sedangkan di kubu si empunya Emirates Stadium, masih belum banyak bintang berdatangan walau sedianya, Arsène Wenger sudah dilimpahi cukup dana belanja. Walau demikian, salah satu awak Meriam London, Theo Walcott, tak terima jika Spurs dikatakan punya tim yang lebih kuat saat ini ketimbang mereka yang sebagian besar, masih diisi kekuatan musim lalu.
 
"(Spurs) sama sekali tak lebih kuat dari kami. Kami merasa masih amat tangguh. Semua orang membangun skuad di lini-lini yang lemah tapi kami tak punya celah lemah dan kami menunjukkannya di beberapa laga bahwa kami mampu bangkit dari hasil buruk – membuktikan banyak pendapat orang yang keliru," timpal Walcott.
 
"Setiap klub itu berbeda dan Tottenham menginvestasikan uangnya dengan baik. Kami para pemain, hanya ingin melakukan pekerjaan yang bagus Minggu nanti. Kami tak peduli jika mereka membawa bintang seharga 30 juta pounds," tandasnya.
 
Pede boleh saja, namun masalahnya Arsenal belum lepas dari badai cedera. Di daftar pesakitan, masih ada nama-nama sejumlah pilar utama seperti Abou Diaby (lutut), Thomas Vermaelen (punggung), Mikel Arteta (pinggul dan paha) serta Alex Oxlade-Chamberlain (lutut).
 
Itu belum semuanya lantaran baru akhir pekan lalu, Wenger mesti pula menambah tiga pemain lagi di daftar tersebut seperti Lukas Podolski (hamstring), Jack Wilshere (engkel) serta Aaron Ramsey (kunci paha).
 
"Semoga Jack bisa pulih untuk laga (derbi London Utara) hari Minggu dan saya harap Aaron juga begitu. Saya belum tahu seberapa parah cederanya. Podolski harus menepi 21 hari dan kami harus memeriksa lagi kondisi paha Ramsey serta kebugaran engkel Jack," tutur Wenger.
 
Di kubu Spurs, dipastikan Villas-Boas takkan sepening Wenger. Pelatih termuda di Premier League itu hanya akan kehilangan Aaron Lennon yang dibelit cedera engkel. Selebihnya, segenap punggawa utamanya siap tempur di derby London Utara, 1 September mendatang.
 
Dari rangkuman statistik 157 kali bentrokan, Arsenal memang lebih sering menang. Tapi tiga kali kemenangan Spurs dalam enam pertemuan terakhir, bisa jadi faktor tertentu untuk cenderung memfavoritkan Spurs pulang dari Emirates Stadium dengan tiga angka. Namun prediksi terbaik masih belum bisa out-of-box di mana keduanya hanya akan berbagi 1 angka dengan hasil draw.
 
Enam Pertemuan Terakhir Arsenal vs Tottenham Hotspur:
3/3/2013 (Premier League): Tottenham Hotspur 2-1 Arsenal
17/11/2012 (Premier League): Arsenal 5-2 Tottenham Hotspur
26/2/2012 (Premier League): Arsenal 5-2 Tottenham Hotspur
2/10/2011 (Premier League): Tottenham Hotspur 2-1 Arsenal
21/4/2011 (Premier League): Tottenham Hotspur 3-3 Arsenal
20/11/2010 (Premier League): Arsenal 2-3 Tottenham Hotspur.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/29/282/857521/adu-kuat-pentolan-london-utara