Aib Euro 2008 Masih Hantui Gomez

BERLIN - Mario Gomez belum juga luput dari sasaran cemoohan fans Jerman. Saat menghadapi Paraguay dalam laga persahabatan di Fritz-Walter Stadium, striker Der Panzer yang punya darah Spanyol ini, sering diteriaki suporter.

Gomez tampak kurang nyaman dengan perlakuan itu. Setelah laga yang berakhir 3-3 itu, Gomez langsung ngacir ke lorong pemain. Suasananya sangat kontras dengan ketika dia diperkenalkan Fiorentina kepada fans, empat pekan lalu. Gomez masuk ke lapangan pada menit ke -54 menggantikan Miroslav Klose.

"Para penonton selalu punya hak untuk berekspresi, mereka membayar mahal dan boleh bersikap kritis. Tapi itu jadi keterlaluan ketika mereka menyoraki seorang pemain yang baru saja masuk ke dalam lapangan," komentar kapten Timnas Jerman, Philip Lahm, mengkritik sikap fans, seperti dikutip Sport.ndtv.

Para pembenci, seolah tak mau tahu. Padahal, kontribusi Gomez untuk Timnas Jerman, tidak sedikit semenjak debutnya pada Februari 2007. 25 gol dari 59 penampilan internasional, ia torehkan. Tapi memang seperti kata pepatah, "tuba setitik, rusak susu sebelanga". Aib Gomez pada Euro 2008 lalu membuat banyak fans sampai hari ini, menghilangkan rasa respek mereka terhadap pemain baru Fiorentina itu.

Sebenarnya Gomez mencoba bersikap santai, menanggapi ulah sejumlah fans Jerman yang membencinya. Gomez sempat bercanda, ketika ditanya wartawan, apakah dalam laga nanti ia akan jadi saran ejekan fans lagi? "Saya kira tidak. Saya tidak main lagi di Bayern Munich," selorohnya. Stadion tempat laga kontra Paraguay itu, merupakan markas FC Kaiserslautern.

Kenyataannya cemoohan itu tetap ia alami. Fans rupanya memang masih kesal dan tetap mengingat-ingat penampilan buruk Gomez saat menghadapi Austria di Euro 2008. Dalam laga penyisihan grup, Jerman menang 1-0, melalui gol Michael Ballack. Namun, gol Jerman dalam laga krusial tersebut sebenarnya bisa lebih banyak, kalau saja, Gomez tidak menyia-nyiakan sejumlah peluang bersih, yang didapatnya.

Sudah lima tahun berlalu, ejekan terhadap Gomez masih saja disuarakan fans. Bukan hanya dalam pertandingan menghadapi Paraguay kemarin saja, Gomez mendapatkan cemoohan. Saat Jerman menang 4-0 atas Kazakhstan dalam kualifikasi Euro 2012, ia kena ledekan fans. Begitu pun saat Jerman kalah dari Australia 1-2, tiga hari setelah pertandingan lawan Kazakhstan. Padahal di laga itu dia yang mencetak gol. Nasibnya, saat Jerman bermain melawan Pantai Gading di Gelsenkirchen juga sama. Gomez jadi korban ledekan.

Follow Twitter
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/16/419/850479/aib-euro-2008-masih-hantui-gomez