Benvenuto Serie A

JAKARTA - Kompetisi Serie A musim 2013/2014 akan mulai digulirkan akhir pekan ini. Persaingan pun dipastikan bakal lebih sengit menyusul gebrakan yang dilakukan sejumlah tim di bursa transfer.

Menilik peta persaingan, kompetisi musim ini akan kembali memunculkan tim-tim tradisional sebagai kandidat juara. Juventus, AC Milan dan Inter Milan tetap difavoritkan merebut scudetto. Namun, sejumlah tim lain seperti, Napoli, AS Roma, Lazio hingga Fiorentina siap meramaikan persaingan juara.

Berikut sekilas info terkait tujuh kandidat juara musim ini?

JUVENTUS
Menyandang predikat sebagai jawara dalam dua musim terakhir, Juventus ditempatkan sebagai unggulan pertama dalam perburuan trofi scudetto musim ini. Skuad Antonio Conte dinilai sudah cukup mumpuni untuk bersaing dengan 19 tim lain.

Skuad Juve musim ini bahkan bisa dibilang yang paling tangguh. Bayangkan, sudah memiliki sederet pemain top macam Arturo Vidal, Andrea Pirlo, Mirko Vucinic, Sebastian Giovinco, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci dan Gianluigi Buffon, Juve menambahkannya dengan pemain-pemain anyar yang kalah bagus, yakni Carlos Tevez, Fernando Llorente dan bek masa depan Italia, Angelo Ogbonna.

Wajar, dengan skuad yang sangat komplet Juve difavoritkan merebut hattrick scudetto pada musim ini. Tak hanya di kompetisi domestik, sejumlah pengamat juga meyakini anak-anak asuh Antonio Conte ini bakal jadi penantang serius di kompetisi Eropa Liga Champions.

AC MILAN
"Harus langsung panas", mungkin kalimat inilah yang dilontarkan dua bos Milan, Silvio Berlusconi dan Adriano Galliani kepada Massimiliano Allegri dan anak asuhnya jelang bergulirnya kompetisi.

Start buruk menjadi salah satu faktor utama kegagalan I Rossoneri menyaingi Juventus dalam perburuan gelar musim lalu. 10 laga perdana, Milan hanya tiga kali menang dan lima kali menelan kekalahan. Imbasnya, mereka sempat terjerembab di papan bawah klasemen.

Meski perlahan bangkit dan jadi tim yang paling banyak mengumpulkan poin di paruh kedua musim, penampilan buruk Milan di awal musim membuat Riccardo Montolivo dkk harus puas mengakhiri musim di posisi tiga (zona playoff Liga Champions).

Kini, menatap musim baru Allegri pastinya diminta mempersiapkan anak asuhnya dengan baik, sehingga bisa langsung tancap gas sejak awal. Sejumlah amunisi baru pun didatangkan, meski sejauh ini belum ada pemain dengan label bintang yang datang.

Ya, krisis finansial memaksa Milan harus berhemat dalam merekrut pemain. Tercatat, hingga kini baru tiga pemain merapat ke San Siro, mereka ialah Andrea Poli, Riccardo Saponara dan Matias Silvestre yang dipinjam dari Inter Milan. Sedangkan Keisuke Honda baru datang pada jendela transfer Januari, itu pun dengan status bebas transfer alias gratis!

Wajar apabila tak banyak yang menjagokan Milan mampu menyaingi Juventus dalam perburuan trofi musim ini. Berlusconi dan Galliani pun memilih bersikap realistis dengan hanya mematok target lolos ke Liga Champions musim depan.

INTER MILAN
Setali tiga uang dengan Milan, saudara sekotanya Inter Milan juga tengah dilanda krisis finansial. Bos besar Nerazzurri, Massimo Moratti bahkan santer diisukan bakal melepas saham mayoritasnya kepada pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir.

Imbas krisis keuangan membuat Inter tak bisa jor-joran dalam belanja pemain musim ini. Sejauh ini, La Beneamata hanya merekrut pemain-pemain muda yang dianggap punya potensi untuk bersinar.

Mauro Icardi dan Ishak Belfodil didatangkan dari Sampdoria dan Parma untuk membantu Rodrigo Palacio dan Diego Milito (masih cedera) mengawal lini depan Inter. Sementara pemain muda lainnya adalah Alessandro Capello, Marco Andreolli dan Diego Laxalt.

Dengan skuad yang relatif masih 'hijau', Inter kini bergantung pada kejeniusan pelatih anyarnya, Walter Mazzarri yang ditunjuk menggantikan Andrea Stramaccioni di akhir musim. Eks pelatih Napoli ini diharapkan bisa mengangkat performa Inter untuk kembali jadi pesaing juara, seperti yang dilakukannya bersama Napoli dalam dua musim terakhir.

Kebetulan, pada musim ini, Inter yang mengakhiri musim lalu di posisi sembilan, tidak akan ambil bagian di kompetisi Eropa. Dengan demikian, Mazzarri bisa lebih fokus mempersiapkan skuadnya di dua ajang, yakni Serie A dan Coppa Italia.

NAPOLI
Selain Milan dan Inter yang dinilai punya kans menyaingi hegemoni Juventus, Napoli kini masuk dalam daftar kandidat juara. Kubu I Partenopei bahkan diyakini mampu mengungguli duo Milan untuk bertarung dengan Juve untuk memburu scudetto musim ini. Opini ini tak lepas dari perubahan signifikan yang dilakukan Presiden klub Aurelio de Laurentiis.

Kepergian Edinson Cavani yang dilepas ke Paris Saint Germain (PSG) memberikan berkah besar bagi Napoli. Dana 60 juta euro yang masuk kas, membuat pelatih anyar Rafael Benitez leluasa merekrut pemain-pemain yang diinginkannya, termasuk mereka yang berstatus status bintang –tidak seperti saat dirinya melatih Inter yang berujung kegagalan.

Gebrakan besar pun dilakukan Benitez dengan menjadikan Napoli sebagai 'Mini Real Madrid'. Tercatat, tiga punggawa El Real digaetnya, mulai Jose Callejon, Raul Albiol dan terakhir Gonzalo Higuain. Aroma Spanyol kian kental dengan masuknya kiper kawakan, Pepe Reina yang dipinjam dari Liverpool.

Sejumlah rekrutan baru ini diyakini bakal membuat runner-up musim lalu ini kian tangguh di musim depan. Selain diyakini mampu bersaing dengan Juventus, Napoli juga dipercaya mampu berbicara banyak di Liga Champions.

FIORENTINA
Salah satu kuda hitam yang juga diyakini mampu mengganggu persaingan klub-klub tradisional ialah Fiorentina. Musim lalu, sang arsitek Vincenzo Montella sudah membuktikannya dengan membawa La Viola jadi salah satu pendobrak tradisi.

Dengan bermodalkan mayoritas pemain yang bisa dibilang 'biasa saja', mantan pemain AS Roma ini mampu menyulapnya jadi sebuah 'mesin tempur' yang cukup menakutkan.

Dengan pemain-pemain macam Stefan Jovetic, Adem Ljajic, Alberto Aquilani, Borja Valero dan Juan Cuadrado, Fiorentina mampu bersaing di papan atas. Bahkan, mereka bisa dibilang hanya 'sial' gagal mengakhiri musim di zona playoff Liga Champions, setelah kalah bersaing dengan Milan di giornata terakhir Serie A. Fiorentina akhirnya harus puas berlaga di Europa League karena mengakhiri musim di posisi empat.

Kini, jelang digulirkannya musim baru, sejumlah persiapan dilakukan Montella. Salah satunya dengan menambah amunisi. Meski harus kehilangan Stefan Jovetic yang hijrah ke Manchester City, Montella masih bisa tersenyum lantaran mendapat pengganti yang tidak kalah top, yakni striker internasional Jerman, Mario Gomez.

Selain itu, bomber masa depan Italia, Giuseppe Rossi juga siap menunjukkan tajinya, setelah pulih dari cedera yang membuatnya hanya menghabiskan separuh musimnya (didatangkan pada Januari) di Artemio Franchi untuk memulihkan cedera.

AS ROMA
Tim asal Ibu Kota Italia, AS Roma merupakan salah satu tim yang memiliki tradisi bagus di kompetisi paling elite Italia, Serie A. Namun, sejak meraih scudetto terakhirnya pada 2000-2001, prestasi I Giallorrossi seakan jalan di tempat.

Di setiap musim, mereka selalu masuk dalam bursa persaingan juara. Namun, saat kompetisi bergulir, Serigala Ibu Kota tak mampu menunjukkan taringnya sehingga harus gagal bersaing memperebutkan gelar scudetto.

Pada musim ini, Roma menunjukkan geliat untuk bisa kembali ke jalur scudetto. Pelatih baru didatangkan. Rudi Garcia ditunjuk menggantikan caretaker Aurelio Andreazzolli yang menggantikan Zdenek Zeman pada pertengahan musim lalu.

Garcia diharapkan mampu mengulang suksesnya saat masih membesut Lille yang dibawanya membuat kejutan di Prancis dengan menjuarai Ligue 1. Sebagai pendukung, Garcia dibekali pemain-pemain anyar macam, Kevin Strootman dan mantan anak asuhnya di Lille, Gervinho.

LAZIO
Yang terakhir, nama Lazio mungkin juga pantas dimasukkan dalam daftar juara musim ini. Alasannya? Masih ingat musim lalu? Lazio sempat bersaing di papan atas sebelum akhirnya mereka kedodoran karena tidak punya kedalaman skuad yang mumpuni.

Hal inilah yang musim ini coba diperbaiki pelatih Vladimir Petkovic. Pemain-pemain inti macam Hernanes, Miroslav Klose dan kiper andalan, Federico Marchetti dipertahankan. Dan untuk menambah kedalaman skuad, direkrut sejumlah pemain seperti Josip Elez (Hajduk), Lucas Rodrigo Biglia (Anderlecht), Vinicius (Cruzeiro), Felipe Anderson (Santos) dan Diego Novaretti (Toluca).

Meski nama-nama di atas tidak familiar, namun Petkovic merasa pemain barunya itu mampu menambah kekuatan Biancoceleste untuk mengarungi kompetisi musim depan.

Selain tujuh kandidat juara di atas, akan ada tiga tim promosi yang siap membuat kejutan di musim ini. Mereka adalah Hellas Verona, Livorno dan kampiun Serie B musim lalu, Sassoulo yang sempat membuat gebrakan dengan menjuarai turnamen pramusim, Trofeo Tim pada awal musim ini. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/23/47/854556/benvenuto-serie-a