Cari Mangsa Berikutnya di Sarang Kelelawar

BARCELONA – Rasa lelah hanya akan jadi persoalan kecil apabila ambisi prestasi terasa tak ada habisnya. Barcelona masih belum kenyang akan kesuksesan dan punya misi memenangkan La Liga (lagi) musim ini. Langkah mereka berikutnya harus lebih dulu ditempuh ke Mestalla demi meraup poin sempurna.
 
Padahal Kamis (29/8/2013) dini hari tadi, Los Cules, baru saja menggenggam trofi berikutnya berupa gelar Supercopa de España, usai unggul gol tandang (1-1) atas Atletico Madrid. Calon korban berikutnya adalah Valencia di jornada ketiga, Senin (1/9/2013) dini hari mendatang.
 
Saat ini, Barca masih memimpin dengan nilai enam di puncak klasemen dan berniat mempertahankannya hingga akhir musim. Mediocampista Barca, Xavi Hernández memastikan, timnya tetap akan bertandang ke markas "Kelelawar" dengan attitude siap tempur.
 
"Anda takkan kehilangan rasa (lapar) itu, tidak. Masih banyak tuntutan dan pastinya, akan lebih sulit tiap tahunnya. Semua orang juga ingin memperlihatkan bahwa mereka layak berada di tim," papar Xavi beberapa waktu lalu.
 
Sebagai pihak tuan rumah, Valencia pastinya tak ingin begitu saja jadi "pijakan" El Barca untuk terus bercokol di puncak. Tentunya, Los Che punya misi pribadi menjadi tim pertama yang mengalahkan Barca musim ini – lebih-lebih mereka tampil di hadapan puluhan ribu fans sendiri.
 
Namun track-record mereka di dua laga awal tidaklah mulus. Setelah menang tipis atas Málaga, tim asuhan Miroslav Djukic itu malah dipukul tim sekota Barca – Espanyol, 1-3. Meladeni Barca yang baru saja mengklaim Piala Super, Valencia ingin tampil sempurna untuk setidaknya, tak tampil memalukan di Mestalla.
 
"(Permainan) kami harus berkembang. Kami mesti bekerja keras dan mencapai puncak performa melawan Barca. Kami harus tampil sempurna untuk mengalahkan mereka," tegas defensor Valencia, Ricardo Costa.
 
Kemungkinan besar, di laga ini Barca sudah bisa menurunkan lagi Lionel Messi dengan kondisi yang lebih bugar. Akan tetapi, entrenador Gerardo "Tata" Martino belum bisa menurunkan sang Capitán, Carles Puyol yang cedera lutut. Puyol masih terpaku di daftar pesakitan bersama Isaac Cuenca dan Ibrahim Afellay yang juga sama-sama bermasalah pada lututnya.
 
Merunut catatan yang ada di lima bentrokan terakhir, status superior Barca tak terbantahkan dengan menang di tiga pada lima laga belakangan. Terakhir kali Valencia mampu menang dari Messi Cs di kandang sendiri, terjadi cukup lama, yakni 2008 silam (3-2) di ajang Copa del Rey.
 
Kans untuk Valencia menang apalagi menahan imbang, tentulah ada. Namun nampaknya supremasi Barca belum bakal goyah. Dengan meyakini persentase 55-45, sang juara bertahan La Liga itu baik secara subyektif maupun obyektif akan membawa pulang tiga poin dari sarang Kelelawar.
 
Lima Pertemuan Terakhir Valencia vs Barcelona
4/2/2013 (La Liga): Valencia 1-1 Barcelona
3/9/2012 (La Liga): Barcelona 1-0 Valencia
20/2/2012 (La Liga): Barcelona 5-1 Valencia
9/2/2012 (Copa del Rey): Barcelona 2-0 Valencia
2/2/2012 (La Liga): Valencia 1-1 Barcelona.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/29/282/857871/cari-mangsa-berikutnya-di-sarang-kelelawar