Cavani Cadangan, PSG Nyaris Kalah di Laga Pembuka

MONTPELLIER – Juara bertahan Paris Saint Germain nyaris menelan malu pada laga pembuka Ligue 1 Prancis 2013/2014. Sempat tertinggal, PSG akhirnya memaksakan hasil imbang 1-1 kontra Montpellier lewat gol Maxwell.

PSG membuka kampanye musim 2013/2014 dengan menyambangi markas Montpellier di Stade de la Mosson, Sabtu (10/8/2013) dini hari WIB. Laga ini juga menjadi debut buat Laurent Blanc yang ditunjuk menggantikan Carlo Ancelotti di kursi kepelatihan.

Tidak banyak perubahan yang dilakukan Blanc dalam menyusun skema permainan PSG. Trio Javier Pastore, Zlatan Ibrahimovic dan Ezequiel Lavezzi menjadi andalan, sama seperti yang biasa ditampilkan Ancelotti. Sementara itu, bomber anyar Edinson Cavani di simpan di bangku cadangan.

Permainan menyerang langsung diperagakan PSG dan peluang pertama pun langsung mereka ciptakan saat laga baru memasuki menit ke-8. Lewat skema tendangan bebas, Javier Pastore mengirim umpan ke kotak penalti yang disambut Lavezzi dengan tandukannya. Namun, sayang upaya winger Argentina itu masih bisa digagalkan kiper Montpellier, Jourdren.

Di tengah dominasi PSG, Montpellier justru mampu mencuri gol lebih dulu pada menit ke-10. Ibra punya andil dibalik gol ini, dimana kegagalannya mempertahankan bola di tengah lapangan, memberikan celah kepada
Emanuel Herrera untuk merangsek ke gawang PSG untuk kemudian melepaskan tembakan yang masih mampu diblok Salvatore Sirigu.

Apes bagi PSG, bola liar hasil tepisan Sirigu mengarah ke Remy Cabella yang dengan mudah menceploskan bola untuk membawa Montpellier unggul 1-0.

Tersentak gol Montpellier, PSG bukannya bangkit tapi malah terlihat kesulitan membangun serangan. Beberapa kali serangan yang coba dibangun Lucas Moura, Marco Verratti dan Pastore kandas di area pertahanan Montpellier. Skor 1-0 untuk Montpellier bertahan hingga paruh pertama laga.

Masuk interval kedua, Ibra coba membayar kesalahannya dengan mengambil tendangan bebas pada menit ke-48. Sayang, sepakan kerasnya masih tipis di sisi gawang Jourdren. Di menit ke-54, giliran Lucas yang harus gigit jari lantaran tendangannya hanya menerpa mistar gawang.

Upaya keras para pemain PSG akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-60. Verratti melepaskan umpan lambung ke arah Ibra di kotak penalti. Dengan cerdik, striker jangkung tersebut memantulkan bola ke arah Maxwell yang naik membantu serangan. Dengan mudah, bek sayap Brasil tersebut mencetak gol penyeimbang.

Skor 1-1 membuat pertandingan lebih menarik. Pada menit ke-72, PSG nyaris berbalik unggul ketika bola hasil tendangan bebas gagal diantisipasi dengan baik oleh Jourdren di mana bola bergulir di garis gawang. Sayang bagi PSG, Alex gagal meneruskan bola ke dalam gawang, karena kalah cepat dengan Congre yang melakukan sapuan.

Pada menit yang sama, Blanc akhirnya memasukkan Cavani untuk berduet dengan Ibra di lini depan. Di menit ke-72 ini juga, Montpellier harus bermain dengan 10 pemain usai Abdelhamid El Kaoutari mendapat kartu kuning kedua menyusul pelanggarannya terhadap Pastore.

Unggul jumlah pemain, PSG coba mengurung pertahanan Montpellier. Cavani langsung menebar terror pada menit ke-74, ketika tandukannya meluncur deras ke gawang, namun sayangnya gagal berbuah gol lantaran diblok Tiene.

Memasuki sisa 15 menit laga, PSG masih terus mendominasi laga, meski mereka tak bisa leluasa karena Montpellier siap menebar ancaman lewat serangan balik. Hingga akhirnya wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, skor 1-1 tidak berubah.

Sang juara musim lalu, PSG pun harus menerima kenyataan hanya meraih satu poin pada laga perdananya di Ligue 1 musim 2013/2014.
   
Susunan Pemain:
MONTPELLIER HSC:
Jourdren, Congre; El Kaoutari, Hilton, Tiene, Marveaux, Stambouli, Camara/Mezague (75'), Cabella, Mounier, Herrera/Montano (66').

PSG
: Sirigu; Jallet, Alex, Thiago Silva, Maxwell; Verratti/Ongenda (76'), Matuidi; Lucas Moura/Rabiot (86'), Pastore; Ibrahimovic, Lavezzi/Cavani (72'). (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/10/50/848514/cavani-cadangan-psg-nyaris-kalah-di-laga-pembuka