Jamu Persidafon, Persib Minus Dua Pilar

BANDUNG – Persib Bandung terancam kehilangan dua pemain andalannya sekaligus saat menjamu Persidafon Dafonsoro. Selain Abanda Herman yang tekena larangan bermain karena kartu merah, Firman Utina juga berkutat dengan cedera. Pertandingan kontra skuad Gabus Sentani itu sendiri akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (20/8/2013).
 
Defender Abanda Herman terkena kartu merah saat pertandingan melawan Persiba di Stadion Persiba Balikpapan, Selasa (30/7/2013). Hadiah kartu merah tersebut merupakan akumulasi dua kartu kuning yang diberikan wasit Yandri. Kartu kuning pertama diterima Abanda pada menit 32 saat melakukan tackling dari belakang kepada pemain Persiba, Rendi Siregar. Pemain asal Kamerun itu lalu diusir dari lapangan saat menerima kartu kuning kedua di menit 90+2.
 
"Kami kehilangan Abanda di pertandingan melawan Persidafon nanti. Tapi para laga selanjutnya melawan Persiram (Raja Ampat), dia sudah bisa diturunkan. Dia menerima kartu merah tidak langsung, jadi hukumannya hanya absen satu pertandingan," ucap Pelatih Persib Djadjang 'Djanur' Nurdjaman di Mess Pemain Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Untuk menggantikan Abanda, tim pelatih masih memiliki deretan defender lain yang kualitasnya tidak terlampau jauh. Mereka adalah Maman Abdurrahman dan Aang Suparman.
 
Sementara itu, pengatur serangan Firman Utina sedang dalam masa penyembuhan cedera. Pemain bernomor punggung 15 itu masih merasakan sakit di lutut kanannya. Meski belum sepenuhnya pulih, dokter tim Persib menyebut cedera Firman tidak terlalu parah. Mantan pilar Sriwijaya FC itu hanya membutuhkan waktu istirahat beberapa hari ke depan.
"Firman sudah membaik walau kondisinya belum pulih 100%. Kemungkinan dia tidak bisa diturunkan saat kami menghadapi Persidafon. Dia akan saya istirahatkan dulu dalam pertandingan itu, agar bisa tampil maksimal di laga selanjutnya," tutur Djanur.
 
Mengganti pos gelandang tengah yang ditinggalkan Firman, Djanur menyebut terdapat dua pilihan pemain. Selain Mbida Messi yang memiliki kesamaan peran, pemain Persib era 1980-an ini juga menyiapkan Asri Akbar sebagai pengganti. Selain penggunaan strategi di lapangan nanti, kesiapan individu pemain juga menentukan siapa pengganti Firman yang akan dipilih Djanur.
 
"Siapa saja yang lebih siap, itu yang akan menggantikan Firman. Saya proyeksikan Messi atau Asri Akbar," kata Djanur.
 
Selain Abanda dan Firman, seluruh pemain Persib siap diturunkan menghadapi Persidafon. Meski sempat terkendala dengan menurunnya kondisi fisik saat libur Idul Fitri, Djanur menyebut Atep dkk sudah dalam kondisi normal. Hal ini pula yang membuat skuad Pangeran Biru langsung mempersiapkan strategi untuk dua pertandingan sekaligus.
 
"Kondisi pemain semuanya baik. Persiapan yang kami lakukan dalam satu pekan terakhir ini juga untuk pertandingan lawan Persiram. Di dua pertandingan kandang ini, kami ingin sapu bersih dengan kemenangan. Bagaimana pun kami membutuhkan banyak poin tambahan untuk bersaing meraih runner up," ucap Djanur.
 
(Gugum Rachmat/Koran SI/win)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/19/49/851527/jamu-persidafon-persib-minus-dua-pilar