Louis Saha Putuskan Gantung Sepatu

ROMA – Mantan penyerang Manchester United dan Lazio, Louis Saha telah memutuskan akan pensiun sebagai pesepakbola profesional. Pernyataan itu dibuat pemilik 20 caps dan 4 gol bagi Timnas Prancis itu saat tepat berulang tahun yang ke-35 (8/8/2013).
 
"Saya akan berhenti disebut pesepakbola profesional. Saya harap para talenta muda (bisa) menikmati sepakbola seperti yang saya lakukan. Saya ingin berterima kasih untuk semua pelatih saya, semua rekan saya, semua lawan saya, semua fans untuk cinta dan dukungan mereka," tulis Saha di akun Twitter pribadinya.
 
Louis Saha merupakan salah satu penyerang tajam di era awal 2000an. Memulai karir di klub Prancis, Metz selama tiga musim, Saha tampil melempem dan hanya mampu melesakkan 13 gol dari 67 pertanidngan selama tiga musim.
 
Sempat dipinjamkan satu musim ke Newcastle, Saha juga tampil kurang tajam di mana hanya berhasil melesakkan 2 gol dari 12 penampilan. Namun, nasibnya berubah ketika bergabung Fulham, direkrut dari Metz dengan banderol 2 juta pounds, Saha sukses menjadi striker haus gol, 63 gol berhasil dibuatnya dari 142 pertandingan. Ketajamannya itu sempat membawa Fulham promosi ke Premier League.
 
Hal itu membuat Manchester United rela mengeluarkan uang 12 juta pound untuk membawanya ke Old Trafford, di mana dalam 5 musim dia sukses mencetak 42 gol. Selepas dari MU, Saha bergabung dengan Everton dan sukses mencetak 35 gol dalam 4,5 musim. Sempat dipinjamkan ke Tottenham Hotspurs, dia berhasil mencetak 4 gol.
 
Usai bergabung dengan Spurs, Saha bergabung dengan Sunderland selama 6 bulan tanpa berhasil mencetak 1 gol pun. Sebelum akhirnya Lazio merekrutnya sekaligus menjadi klub terakhirnya. Bersama Lazio, Saha juga gagal menceploskan 1 gol pun.
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/09/51/848389/louis-saha-putuskan-gantung-sepatu