Mantan Punggawa Barca Gantung Sepatu

LARANJEIRAS – Anderson Luís de Souza atau yang biasa dikenal dengan nama Deco de Souza, memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepakbola. Masalah fisik menjadi alasan mengapa mantan punggawa Barcelona ini memilih untuk pensiun.
 
Di usianya yang telah menginjak 36 tahun, dinilai menjadi waktu yang tepat untuk mengundurkan diri dari lapangan hijau. Dan, Fluminense menjadi klub terakhirnya, setelah 17 musim berkarier.
 
"Dengan sangat sedih dan menyesal saya umumkan akhir karier saya sebagai atlet profesional. Menit-menit terakhir bermain dengan Fluminense pada hari Rabu (lalu) adalah hari terakhir saya selama 17 tahun menjadi pesepakbola," ucap Deco, seperti dilansir AS, Selasa (27/8/2013).
 
"Saya akan senang bila bisa melanjutkan hingga akhir Brasileiro (Liga Brasil) dan membantu tim mendapatkan kembali Trofi Libertadores, tapi tubuh saya tidak akan membiarkan saya untuk terus bermain. Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan dan kasih sayang," tegas Deco.
 
Mantan pemain Timnas Portugal ini memulai kariernya bersama Salgueiros di Brazil, sebelum akhirnya pindah ke Porto pada tahun 1999, sekaligus membawa The Dragon menjuarai Liga Champions pada 2004.
 
Setelah itu, Deco meninggalkan Liga Portugal untuk bisa bergabung dengan Barcelona. Menghabiskan empat musim di Camp Nou, Deco memberikan gelar La Liga, Supercopa Espana, dan trofi Liga Champions. Namun kemudian dia pindah ke Stamford Bridge selama dua musim untuk bergabung bersama Chelsea.
 
Runner up Ballon d'Or ini kemudian meninggalkan megahnya sepakbola Eropa untuk selamanya pada tahun 2010, untuk kembali ke Brasil dengan Fluminense, dan akhirnya memutuskan untuk pensiun setelah tiga musim bersama klub Amerika Selatan tersebut.
 
Deco yang akhirnya memutuskan untuk menjadi warga negara Portugal, meski lahir di Brasil, telah melakoni 75 caps untuk Portugal selama tujuh tahun, dan mewakili mereka dalam dua kali mengikuti kejuaraan Eropa dan dua kali mengikuti Piala Dunia.
(fir)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/27/51/855927/mantan-punggawa-barca-gantung-sepatu