Meriam London Mampat di Laga Pembuka

LONDON - Arsenal harus menelan pil pahit pada laga pembuka Premier League musim 2013/14, lantaran harus kalah 1-3 dari Aston Villa. The Gunners sebenarnya sempat memimpin lewat Olivier Giroud, namun kemudian gawang mereka dibobol dua kali lewat Christian Benteke (dua gol) dan Luna.
 
Pada pertandingan yang dihelat di Emirates Stadium, Sabtu (17/8/2013) malam WIB tersebut, Arsenal sebenarnya mengawali laga dengan baik dan mampu unggul terlebih dahulu. Namun, para pemain Villa benar-benar tak patah arang, hingga akhirnya mampu membalikkan keadaan menjadi 3-1. Hal tersebut juga tak terlepas dari adanya kartu merah yang diterima Lorient Koscielny.
 
Jalannya pertandingan
Saat pertandingan baru dimulai, Arsenal, yang mendapat dukungan penuh dari para penonton, langsung membangun serangan. Pada menit kedua, mereka pun mendapat peluang lewat tendangan penjuru dan kemudian dieksekusi oleh Theo Walcott. Dalam usahanya merebut bola, Per Mertesacker tampak jatuh terguling-guling seakan terjadi pelanggaran, namun wasit menyatakan play on.
 
The Gunners pun kemudian membuka keunggulan pada menit keenam. Diawali pergerakan cepat Alex Oxlade-Chamberlain yang  menyisir sisi kanan pertahanan Villa, Olivier Giroud mencoba masuk mendekati kotak penalti. Dan, umpan datar yang dilepaskan Oxlade-Chamberlain pun kemudian dimanfaatkan oleh Giroud lewat sontekannya. Gol! Arsenal memimpin 1-0.
 
Memasuki menit 18, Villa mendapat penalti setelah kiper Arsenal Wojciech Szczesny melanggar Gabriel Agbonlahor di kotak penalti. Christian Benteke kemudian berperan sebagai algojo. Szczesny sebenarnya mampu membaca arah tendangan penalti, namun bola kemudian melambung dan disambar oleh Benteke sendiri. Kedudukan pun berubah menjadi sama kuat 1-1.
 
Pada menit 33, Szczesny keluar dari sarangnya mencoba untuk mengamankan bola, namun gagal. Gelandang Villa, Ashley Westwood kemudian berusaha memanfaatkan keadaan, tapi usahanya masih belum membuahkan hasil. Dan akhirnya, hingga babak pertama usai, kedudukan 1-1 tetap bertahan.
 
Memasuki paruh kedua, kedua tim saling mencoba melancarkan serangan ke daerah lawan. Pada menit 51, kesempatan didapat Tomas Rosicky yang melakukan tendangan percobaan, memanfaatkan umpan Giroud, namun bola masih belum menemui sasaran. Sementara pada menit 52, Fabian Delph mencoba melakukan tembakan percobaan jarak jauh, namun masih gagal.
 
Pada menit 58, para pendukung Arsenal terhening, setelah tim mereka kembali mendapat hukuman penalti akibat adanya pelanggaran yang dilakukan Laurent Koscielny kepada Agbonlahor. Benteke maju kembali sebagai eksekutor, dan kali ini bola hasil tendangannya mampu mengecoh Koscielny, dan mengubah keadaan. Kini, Villa berbalik unggul 2-1.
 
Pada menit 63, Koscielny mendapat kartu merah karena menekel Andreas Weimann dengan keras. Arsenal pun kini terpaksa bermain dengan 10 pemain. Namun, peluang kembali didapat mereka pada menit 69, lewat Rosicky yang melakukan tembakan di dalam kotak penalti Villa. Namun, Brad Guzan melakukan penyelamatan gemilang, sehingga kedudukan 2-1 untuk tim tamu masih bertahan.
 
Fans Arsenal pun benar-benar dibuat terdiam pada menit 83, saat tim kesayangan mereka kembali kobobolan. Bek kiri Villa, Luna mendapat umpan terobosan matang dari Weimann yang membuat dirinya tak terkawal dan tinggal berhadapan dengan Szczesny. Dengan tenang, pemain asal Spanyol tersebut menceploskan bola. Dan, gol tersebut ternyata menjadi yang terakhir pada pertandingan ini. Villa menang 3-1 atas Arsenal.
 
Susunan Pemain:
ARSENAL: Szczesny, Sagna (Podolski 94'), Koscielny, Mertesacker, Gibbs (Jenkinson 28'), Ramsey, Wilshere, Rosicky, Oxlade-Chamberlain (Cazorla 46'), Walcott, Giroud
 
ASTON VILLA: Guzan, Lowton, Vlaar, Baker (Clark 17'), Luna, El Ahmadi, Westwood, Delph, Agbonlahor, Benteke, Weimann (Bacuna 87') (dit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/17/45/851181/meriam-london-mampat-di-laga-pembuka