Milan Dipecundangi Tim Promosi di Laga Pembuka

VERONA - AC Milan mengawali musim 2013/2014 dengan buruk. Sama seperti musim lalu, Milan membuka kompetisi Serie A musim ini dengan kekalahan dari klub promosi Hellas Verona dengan skor tipis 1-2.

Bertandang ke markas Verona, di Stadio Marc'Antonio Bentego, Minggu (25/8/2013) dini hari WIB, Milan sebenarnya mengawali laga dengan baik. Anak-anak asuh Massimiliano Allegri tampil dominan dengan mengandalkan 'Trio Mohawk', Stephan El Shaarawy, M'Baye Niang dan Mario Balotelli.

Bahkan, Milan sempat unggul cepat lewat gol pemain anyarnya, Andrea Poli saat laga baru menginjak 15 menit. Balotelli memberikan umpan manis ke Poli yang dengan tenang menaklukkan kiper Verona, Rafael, untuk menandai debutnya dengan manis.

Setelah gol tersebut, Milan terus menunjukkan dominasinya. Sementara Verona sesekali mengancam lewat serangan balik. Balotelli nyaris menggandakan keunggulan Milan, andai tendangan bebasnya tidak tipis di atas mistar gawang.

Masuk menit ke-28, Milan harus membayar mahal kelengahan mereka dalam mengantisipasi bola mati. Berawal dari umpan tendangan bebas Romulo, bomber veteran Luca Toni yang direkrut Verona dari Fiorentina sukses menanduk bola untuk menaklukkan Christian Abbiati.

Skor sama kuat 1-1 membuat jalannya pertandingan semakin menarik. Milan kian gencar melakukan tekanan, sementara Verona konsisten menebar ancaman lewat serangan balik cepat. Sayang, dari sejumlah peluang yang didapat, tak ada tambahan gol tercipta.

Memasuki babak kedua, tuan rumah berinisiatif melakukan tekanan. Bosko Jankovic berpeluang membawa Verona unggul andai sundulannya tidak digagalkan Abbiati yang tampil cukup sigap.

Pada menit ke-53, Toni benar-benar jadi momok bagi pertahanan Milan. Tandukan kepalanya menyambut umpan silang Jankovic memaksa Abbiati memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua.

Berbalik tertinggal 1-2, Milan coba meningkatkan tempo serangan. Menit 60, Philippe Mexes berpeluang menyamakan kedudukan andai tenang dalam memanfaatkan peluang yang didapatnya. Mendapat bola di kotak penalti tanpa kawalan ketat, Mexes justru melepaskan tendangan akrobatik, kendati ia punya cukup ruang untuk mengontrol bola terlebih dulu.

Allegri melakukan perubahan besar pada menit ke-63. El Shaarawy dan Niang ditarik keluar dan memasukkan Andrea Petagna dan Urbby Emanuelson. Kini Milan berganti formasi menjadi 4-4-2 dengan Balotelli dan Petagna jadi ujung tombak.

Menit ke-69, para punggawa Milan meminta hadiah penalti kepada wasit lantaran Mario Balotelli dijatuhkan pemain Verona di kotak terlarang. Sayang, wasit berkata lain dan memutuskan play-on.

Di menit ke-74, giliran kubu Verona yang mendesak wasit memberikan penalti setelah Toni dijatuhkan Kevin Constant. Namun, lagi-lagi wasit tidak menggubris permintaan penalti.

Memasuki 10 menit terakhir laga, Milan gencar melakukan serangan sporadis. Robinho yang baru pulih dari ceddera pun dimasukkan dan Milan kembali bermain dengan pola tiga striker.

Pada menit 79, kerja sama Balotelli dan Robinho di kotak penalti nyaris membawa Milan menyamakan kedudukan. Sayang, umpan silang ke muka gawang yang dikirim Robinho tidak ada yang menyambut.

Memasuki masa injury time, Milan makin bernafsu melakukan serangan. Balotelli kembali terjatuh dan berharap wasit memberikan penalti. Namun Giampaolo Calvaresse tetap tidak memberikan penalti. Hingga akhirnya peluit panjang ditiupkan, Milan gagal membalas gol dan harus menerima kenyataan kembali kalah di laga pembuka.

Susunan Pemain:
Verona:
Rafael; Cacciatore, Moras, Maitta, Martinho; Donati, Jorginho, Hallfredsson, Ignacio Gomez, Jankovic; Toni

AC Milan: Abbiatti; Abate, Mexes, Zapata, Constant; Montolivo, Nocerino, Poli; El Shaarawy, Niang, Balotelli. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/25/47/855047/milan-dipecundangi-tim-promosi-di-laga-pembuka