RD Butuh Sosok Tibo, Ferdinand, dan Wanggai

JAKARTA - Tim nasional (timnas) U-23, masih memiliki problem di lini depan. Juru taktik tim Garuda Muda, Rahmad Darmawan, pun menyatakan, membutuhkan sosok Titus 'Tibo' Bonai, Ferdinand Sinaga, dan Patrick Wanggai di skuad besutannya tersebut.

RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, memang diberi target tinggi dalam SEA Games XXVII 2013 Myanmar, akhir Desember mendatang. Akan tetapi dalam masa-masa persiapan tersebut, berbagai kendala pun masih terjadi. Dan kendala yang masih dicari jalan keluarnya adalah, tumpulnya lini depan timnas U-23.

Melihat problem yang dialami anak-anak asuhnya, RD pun mengaku membutuhkan sosok Tibo, Ferdinand, dan Wanggai, anak-anak asuhnya saat meraih medali perak di ajang SEA Games XVI. Dimana kala itu, ketiga penyerang tersebut adalah andalan RD dalam mendobrak pertahanan lawan.

Krusialnya sosok ketiga penyerang tersebut, memang bisa dilihat dari gol-gol yang ditorehkan. Di mana Wanggai hanya kalah satu gol dari pencetak gol terbanyak SEA Games XVI asal Laos, Lamnao Singto, dengan koleksi enam gol. Adapun Tibo berhasil mengoleksi empat gol, dan Ferdinand menorehkan sebiji gol.

"Di ajang SEA Games sebelumnya, kami memiliki penyerang-penyerang seperti Tibo, Sinaga (Ferdinand), dan juga Wanggai. Mereka mampu melakukan kontrol bola yang bagus. Sosok-sosok seperti mereka yang sedang saya cari. Walau kepentingannya tidak terlalu besar, tapi tipe-tipe seperti itu sangatlah dibutuhkan," ungkap RD.

Proses untuk mendapatkan tipe penyerang yang diharapkannya tersebut, akan kembali dicari RD dalam ajang Islamic Solidarity Games (ISG) III, 22 September – 1 Oktober mendatang, di Palembang. Di ajang ini, timnas U-23 akan tergabung di dalam Grup A bersama Kuwait, Irak, dan juga Libya.

"Ini tentu bagus untuk skuad yang dipersiapkan dalam ajang SEA Games nanti. Pemain bisa menimba ilmu sekaligus mendapat pengalaman bertanding di level internasional. Karena pengalaman tidak bisa dibeli dengan uang berapapun," jelas RD, yang juga masih terikat kontrak dengan Arema Crounus di kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Timnas U-23 sendiri, telah mencatatkan tiga laga uji coba internasional. Imbang, 1-1, saat menjamu timnas U-23 Singapura di Stadion Manahan, Solo, 8 Juni lalu. Tumbang 0-1 saat gantian dijamu timnas U-23 Singapura, (13/7). Baru di uji coba ketiga, timnas U-23 akhirnya meraih kemenangan, yakni dengan menggebuk timnas U-23 Brunei Darussalam 0-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, (15/8). (Decky Irawan Jasri/Koran SI/acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/23/51/854738/rd-butuh-sosok-tibo-ferdinand-dan-wanggai