Sebelum Meninggal, Ketua PSSI Jabar Idap Kanker

BANDUNG – Ketua PSSI Jawa Barat, Bambang Sukowiyono, meninggal di RS Borromeus Kota Bandung pada Kamis (1/8/2013) sekira pukul 18.00 WIB. Suko, sapaan akrabnya, meninggal setelah sempat mengidap penyakit limfoma NHL atau semacam kanker kelenjar getah bening.

Penyakit itu diderita Suko sejak tiga bulan lalu. Ia bahkan sempat dirawat di RS Borromeus dari 13-23 Juli. Sebelumnya, Suko juga sempat dioperasi di RS Sartika Asih. Setelah pulang ke rumahnya di Jalan Libra, Suko ternyata sudah sulit makan.

"Tadi pagi dadanya sesak. Sekira pukul 11.00 WIB dibawa ke RS Borromeus. Lalu pukul 18.00 WIB beliau meninggal," ujar Danis Pratio, anak pertama Suko, saat ditemui di rumah duka.

Almarhum meninggalkan seorang istri bernama Sri Hastuti, dua anak, dan seorang cucu. Rencananya, almarhum akan dimakankan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nagrog di kawasan Ujungberung, Kota Bandung.

"Di sana pemakaman umum, tapi keluarga ada yang dimakamkan di sana," ungkapnya.

Disinggung sosok Suko, Danis menyebut almarhum sebagai ayah yang baik. "Beliau sangat baik, perhatian, disiplin, dan jujur," tuturnya.

Suko sendiri sangat mencintai dunia sepakbola. Ia bahkan meninggalkan pekerjaannya di Bank Bumi Daya pada tahun 2000 demi kembali ke dunia sepakbola.

"Papa 13 tahun kerja di bank. Tapi beliau memilih keluar dari pekerjaannya demi sepakbola," jelasnya.

Ia sempat jadi asisten pelatih Persib di era Liga Indonesia musim 2003/204. Suko bahkan sempat mencicipi jadi pelatih kepala di musim itu menggantikan Marek Andrejz Sledzianowski yang didepak manajemen.

Suko kemudian jadi bagian dari PSSI Jawa Barat sebagai pengurus. Ia sempat ditunjuk jadi caretaker ketua PSSI Jawa Barat pada 2012. Puncaknya pada 17 Juli 2012, Suko terpilih secara aklamasi sebagai ketua PSSI Jawa Barat dalam Musdalub PSSI Jawa Barat.

Suko sendiri merupakan salah seorang legenda yang membawa Persib berjaya di era 1980-an. Suko bergabung ke Persib sejak 1979 hingga 1989. Bersama Persib, ia meraih dua gelar runner-up kompetisi Perserikatan 1983 dan 1985. Suko bahkan membawa Persib juara Perserikatan pada 1986.

Saat aktif sebagai pesepakbola, Suko dikenal sebagai winger dengan kemampuan dribling dan kecepatan mumpuni. Ia juga pernah memperkuat timnas Indonesia.

Follow Twitter
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/01/49/846175/sebelum-meninggal-ketua-pssi-jabar-idap-kanker