Skuad Libur, Umuh Kumpulkan Doa

 BANDUNG - Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar masih yakin skuad Pangeran Biru bisa meraih posisi kedua di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013. Meski persaingan di papan atas sangat ketat, dia optimistis Atep dkk mampu menghadapinya untuk meraih tiket ke Piala AFC musim depan. Karena itu, selain menuntut para pemain bekerja keras di lapangan, Umuh meminta mereka berusaha dalam aspek religi.
 
Usai tur Kalimantan menghadapi Barito Putera dan Persiba Balikpapan pekan lalu, skuad Pangeran Biru mendapatkan libur panjang. Tim asuhan Djadjang 'Djanur' Nurdjaman ini akan kembali menjalani latihan usai hari raya Idul Fitri, tepatnya pada 12 Agustus 2013.
 
"Hasil di Kalimantan tidak terlalu jelek, saya masih optimistis. Persib masih memiliki jumlah pertandingan yang tergolong lebih sedikit dari pesaing lainnya. Saya berharap para pemain Persib, maupun semua pihak yang mendukung, termasuk Bobotoh, banyak berdoa agar jalan tim kesayangan kita bisa lancar," kata Umuh di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.
 
Sebagai dukungan moral bagi tim, Umuh beserta jajaran direksi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menggalang partisipasi kalangan pemerintahan. Menggelar acara buka bersama, PT PBB mengundang para pemegang kebijakan di Kota Bandung dan Jawa Barat.
 
"Alhamdulillah pak Gubernur (Ahmad Heryawan) semakin peduli dengan Persib. Akhir-akhir ini saya lihat dia lebih sering datang ke stadion, termasuk memenuhi undangan dari kami. Sebelumnya tidak ada gubernur yang datang ke acara Persib. Ini akan menjadi tambahan semangat untuk pemain. Karena kita semua mendoakan mereka agar bisa runner-up dan mewakili Indonesia di Piala AFC," tutur Umuh.
 
Sementara itu, di masa liburan ini Djanur berharap anak asuhnya tidak sepenuhnya melupakan kewajiban. Meski dibebastugaskan dari aktivitas tim Persib, Sergio van Dijk dkk dituntut untuk tetap berlatih secara individu. Hal itu agar kondisi fisik skuad Pangeran Biru tidak terlalu turun saat sesi latihan pertama pascalebaran digelar.
 
"Tetap saya berharap mereka latihan masing-masing. Repot juga kalau total istirahat, nanti masa recovery akan lebih sulit. Saya sudah beri tugas pada para pemain agar menjaga kondisi fisik mereka," ujar Pelatih berusia 53 tahun ini.
 
Saat masa liburan pemain Persib selesai, Djanur mengaku akan menggelar tes fisik. Dia menargetkan, meski terjadi penurunan kondisi, fisik pemain tidak drop terlalu jauh.
 
"Batas toleransi sekitar 60% kondisi fisik pemain saat kembali latihan nanti. Kalau kurang dari itu tidak bagus. Karenanya saya akan gelar tes fisik di beberapa hari pertama latihan. Tanggal 12 Agustus sore kami latihan lagi, besoknya latihan pagi. Tes fisik digelar di hari-hari itu," pungkas Djanur.
(Gugum Rachmat/Koran SI/fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/05/49/847773/skuad-libur-umuh-kumpulkan-doa