Sukowiyono, Jago di Lapangan dan Belakang Meja

BANDUNG – Setelah memutuskan pensiun dari dunia sepakbola pada 1989. Almarhum Bambang Sukowiyono tidak lantas benar-benar meninggalkan sepakbola dan Persib Bandung.
 
Ia cukup aktif di kepengurusan Pengcab PSSI Kota Bandung maupun Persib. Bahkan pada Liga Indonesia musim 2003, Suko dipercaya jadi asisten pelatih bersama rekannya saat masih aktif bermain, Iwan Sunarya.
 
Selain paham sepakbola dari kacamata teknis, Suko pun bisa dikatakan sebagai sosok yang punya kemampuan berorganisasi cukup baik. Bahkan tepat pada 17 Juli 2012, Suko secara resmi terpilih jadi Ketua Umum PSSI Jabar. Ia mendapatkan 44 suara atau unggul mayoritas dari total 57 pemegang hak suara pada Musdalub PSSI Jabar di Hotel Perdana Wisata, Bandung.
 
Laga persahabatan Persib Bandung kontra Kuala Lumpur FC di Stadion Siliwangi, Bandung pada tahun 1989, jadi saat-saat terakhir sebelum dirinya memutuskan gantung sepatu.
 
Dalam sebuah kesempatan Suko, sempat mengungkapkan jika pertandingan tersebut, jadi salah satu momen spesial dalam karier sepakbolanya. Alasan karena Suko bisa tukar kostum dengan legenda sepakbola Singapura, Fandi Ahmad seusai laga.
 
(Mohamad Taufik/Koran SI/win)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/02/49/846214/sukowiyono-jago-di-lapangan-dan-belakang-meja