Willkommen Bundesliga 2013/2014

Dalam beberapa hari ke depan, genderang perang kompetisi Bundesliga musim 2013/2014 resmi ditabuh. Well, siapa yang akan jadi kampiun pada perburuan musim depan?

Sepanjang bursa transfer musim panas ini, banyak terjadi perputaran pemain. Sejumlah nama besar datang dan pergi. Namun tidak seperti biasanya, kali ini pamor bursa transfer pemain, kalah dengan bursa transfer pelatih.

Pemicunya apalagi jika bukan kedatangan Josep 'Pep' Guardiola ke Allianz Arena. Sebagai salah satu pelatih jenius, Pep mendapat atensi besar media ketika memutuskan mengakhiri masa pengasingannya selama satu tahun, dan turun gunung menukangi Bayern Munich.

Awalnya, keputusan pelatih yang mempersembahkan 14 trofi juara buat Barcelona selama empat tahun (2008-2012) ini dicibir banyak kalangan. Mereka menilai, Pep memilih Bayern karena punya peluang yang jauh lebih besar untuk sukses ketimbang memilih melatih di Inggris atau Italia. Seperti diketahui, peta kekuatan Bundesliga Jerman dalam beberapa musim terakhir, hanya melibatkan dua tim, yakni Bayern dan Borussia Dortmund.

Namun, kini semuanya berbalik 180 derajat. Kesuksesan Jupp Heynckes mempersembahkan trofi Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions di musim lalu, membuat pekerjaan Guardiola semakin sulit. Dia kini ditantang untuk bisa meneruskan sukses sang predesesor.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Pep harus melakukan sejumlah langkah. Salah satunya adalah dengan menjaga kondusivitas tim. Di musim lalu, Heyckness sukses membatasi ego para pemain bintangnya, meski tak melulu berjalan mulus.

Nah , di musim ini kedalaman skuad Bayern kian mantap. Kehadiran Thiago Alcantara kian menambah kekuatan Bayern, terutama di lini tengah dengan bercokolnya sejumlah pemain top macam, Javi Martinez, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Thomas Muller, Arjen Robben, Franck Ribery dan Xherdan Shaqiri.

Dengan banyaknya pemain di atas, tentunya persaingan semakin sengit. Nah, di sinilah Pep dituntut untuk pintar-pintar melakukan rotasi demi memuaskan seluruh pemainnya.

Selain itu, ada satu hal yang tak kalah penting dari menjaga kondusivitas tim. Mengutip salah satu komentator ternama, Pep harus bisa menjaga hubungan atau komunikasi yang baik dengan 'tiga raja' yang menguasai Bayern, Uli Hoeness (Presiden klub), Franz Beckenbauer (Eks Presiden), dan Karl-Heinz Rummenigge (Eks wakil Presiden). Ketiga sosok ini diketahui sangat berpengaruh di FC Hollywood.

Dari sisi tim, Bayern memiliki cukup materi untuk bisa melanjutkan kejayaannya di musim lalu. Pemain-pemain andalan seperti Robben dan Ribery masih dipertahankan, plus dengan kehadiran Thiago Alcantara dan Mario Gotze dipastikan membuat kekayaan Bayern kian menakutkan.

Kini yang jadi pertanyaan, mampukah Bayern melanjutkan kegemilangan musim lalu, di mana mereka merebut titel juara dengan selisih 25 poin?

Jika melihat peta kekuatan sejumlah tim kontestan, Borussia Dortmund sepertinya akan kembali jadi rival utama Bayern dalam perburuan gelar musim depan. Kepergian sosok Mario Gotze sudah diantisipasi Jurgen Klopp dengan mendatangkan Henrikh Mkhitaryan dari Shakhtar Donetsk.

Pemain asal Armenia ini selanjutnya akan berkolaborasi dengan pemain andalan lain seperti Marco Reus, Ilkay Gundogan dan Robert Lewandowski untuk bersaing dengan Bayern.

Kapabilitas Dortmund untuk menantang Bayern, sudah ditunjukkan pada ajang Piala Super Jerman beberapa waktu lalu. Pada laga tersebut, Dortmund sukses memetik kemenangan 4-2, sekaligus mengirim pesan bahwa skuad mentereng milik Die Roten masih bisa dijinakkan.

Well, apakah persaingan Bundesliga musim depan akan kembali jadi panggung duel Bayern dan Dortmund? Atau justru tim-tim kuda hitam macam Schalke 04, Bayern Leverkusen, VfL Wolfsburg dan Borussia Moenchengladbach mampu memberikan kejutan? Kita nantikan aksi Bundesliga mulai akhir pekan ini. Willkommen Bundesliga..!!!

Jadwal Spieltag (pekan) pertama Bundesliga 2013/2014:

Sabtu (10/08/13):
01:30 WIB:  Bayern Munich vs Borussia M'gladbach
20:30 WIB:  Bayer Leverkusen  vs  Freiburg
20:30 WIB:  Hannover 96  vs Wolfsburg
20:30 WIB:  Augsburg  vs  Borussia Dortmund
20:30 WIB:  Hertha BSC  vs  Eintracht Frankfurt
20:30 WIB:  Hoffenheim  vs  N├╝rnberg
23:30 WIB:  Eintracht Braunschweiger  vs  Werder Bremen

Minggu (11/08/13)
20:30 WIB:  Mainz 05  vs  Stuttgart
22:30 WIB:  Schalke 04  vs  Hamburger SV (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/08/05/262/847813/willkommen-bundesliga-2013-2014