Angerer, Pesepakbola Wanita Terbaik Eropa

NYON – Sepakbola tak melulu didominasi kaum Adam. Wanita juga sudah lama mulai terlibat di permainan bola kaki ini dan UEFA – otoritas sepakbola Eropa, sudah beberapa tahun lalu menyediakan apresiasi tertinggi Eropa untuk mereka. Tahun ini, gelar tersebut direngkuh Nadine Angerer.
 
Hauptmann (kapten) tim nasional Jerman yang juga kiper Brisbane Roar itu jadi yang terbaik setelah mendapat voting terbanyak sekumpulan juri yang terdiri dari para jurnalis sepakbola. Wanita berusia 34 tahun itu mendapat gelar terbaik Eropa pertamanya itu dengan mengungguli dua pesepakbola wanita lainnya, Lena Goeβling dan Lotta Schelin.
 
Salah satu faktor kemenangan Angerer lantaran prestasi besar bersama tim Jerman di Euro 2013 yang digelar di Swedia, Juli lalu. Angerer mengantarkan Jerman untuk kelima kalinya merengkuh Piala Eropa dengan menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Jerman atas Norwegia, berkat dua kali penyelamatan penaltinya.
 
"Terima kasih. Saya sangat terkejut. Saya tak menyangka bisa menang tapi saya senang bisa memenangkannya. Saya ingin berterimakasih pada semua yang memilih saya dan terutama, terima kasih kepada (pelatih Jerman) Silvia Neid yang mengangkat kepercayaan diri saya ketika tiba masa-masa sulit usai cedera – saya amat bersyukur karenanya," tutur Angerer.
 
"Penghragaaan ini datang tanpa disangka. Saya tak tahu apa yang harus saya katakan. Terdapat persaingan berat dengan Lena dan Lotta. Lena memenangkan setiap gelar tahun ini, dia bermain fantastis di turnamen (Euro) dan Lotta, merupakan penyerang hebat. Untuk itu, saya bangga bisa memenangkan gelar ini," lanjutnya, seperti disitat UEFA.com, Jumat (6/9/2013).
 
Gelar pemain terbaik Eropa 2012/2013 tersebut diserahkan langsung dari dua figur ternama, Presiden UEFA, Michel Platini serta pelatih Arsenal, Arsène Wenger yang mengaku punya ketertarikan besar terhadap perkembangan sepakbola wanita.
 
"Beberapa tim wanita Arsenal berlatih bersama kami setiap hari. Saya mengikuti sepakbola wanita sejak awal meski sedikit skeptis. Tapi kini sepakbola wanita mulai populer dan saya mesti bilang ketika saya menyaksikan final (Champions League wanita), sangatlah menarik untuk ditonton," timpal Wenger.
 
"Saya juga menyaksikan sejumlah (pertandingan) tim-tim nasional mereka. Level teknik mereka sangat bagus secara keseluruhan. Saya cukup terkejut betapa cepatnya sepakbola wanita menyebar dan menjadi sangat populer sekarang," pungkasnya.
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/06/51/861666/angerer-pesepakbola-wanita-terbaik-eropa