Arema Tak Akan Ubah Karakter

MALANG - Kendati gagal meraih angka penuh di pertandingan sebelumnya, Arema Cronous tak akan mengubah karakter permainan. Tampil super ofensif bakal tetap menjadi pilihan Pelatih Arema Rahmad Darmawan, seperti yang sudah dipertontonkan saat ditahan Barito Putra.

Kendati strategi tersebut membawa konsekuensi besar karena rentan terkena counter attack, Arema tidak begitu peduli. Menghadapi Persiba Balikpapan di Stadion Kanjuruhan, Kamis (5/9), tuan rumah memang tidak memiliki pilihan selain bermain agresif dan menekan.

Rahmad Darmawan mengakui efektivitas pemanfaatan peluang yang sangat rendah harus ditingkatkan di laga nanti. Tanpa ada perkembangan menggembirakan di aspek ini, maka Arema bakal kembali kesulitan untuk mengamankan angka sempur di pertandingan kandang terakhir Indonesia Super League (ISL) 2013 ini.

"Efektifitas pemanfaatan peluang masih sangat rendah dan itu menjadi fokus khusus Arema di pertandingan lawan Persiba. Arema akan tetap bermain menyerang dan tak akan memberikan banyak ruang gerak kepada lawan. Tapi itu tetap harus diimbangi penyelesaian yang bagus," tutur Rahmad Darmawan.

Adakah perubahan komposisi tim secara drastis? RD belum menguak secara gamblang. Dia hanya mengisyaratkan adanya kemungkinan perubahan posisi pemain untuk mendukung kreatifitas dan efektifitas saat melakukan serangan. Posisi Christian Gonzales sebagai target man mungkin bakal dikembalikan.

Pemain ini kurang begitu bugar dan hanya menjadi pemain pengganti lawan Barito. Tanpa Gonzales, Arema tidak memiliki striker utama yang menahan dan memantulkan bola. "Pola apa pun tak akan mengubah karakter Arema. Saya hanya berharap pemain melakukan tugasnya dengan baik sesuai posisinya," harap RD.

Dengan berbekal rekaman pertandingan Arema kontra Barito, Herry Kiswanto sedikit-banyak sudah menggenggam kelemahan Singo Edan. "Saya sudah mempelajari kekuatan Arema dan mencatat beberapa kelemahan yang bisa dimanfaatkan. Saya ingin memberikan kejutan di Kanjuruhan," koar Herkis, sapaan akrab Herry Kiswanto.

Walau begitu dia tetap mengakui determinasi Arema memang sangat sulit dibendung ketika bermain di kandang sendiri. Tidak hanya butuh permainan dan strategi luar biasa, tapi juga keberuntungan. Untuk itu dia mengingatkan pemainnya agar tidak membuat kesalahan sedikit pun.

"Barito Putra bisa menahan Arema karena mereka sangat fokus dan tidak melakukan banyak kesalahan. Persiba harus bisa bermain seperti itu. Yang terpenting adalah kami menahan dulu dan berupaya tidak kebobolan gol cepat," demikian niatan Herry Kiswanto.

Arema Cronous (4-2-4):
Kurnia Meiga (gk), Hasyim Kipuw, Victor Igbonefo, Purwaka Yudhi, Thierry Gathuessi; Gede Sukadana, Dedi Kusnandar; Kayamba Gumbs, Greg Nwokolo, Beto Goncalves, Christian Gonzales.

Persiba Balikpapan (4-4-2):
Wawan H (gk), Rendi S, Yudi, Absor, Arifki EP; Ade S, Alfian Habibi, Patrice Nzekou, Syakir Sulaiman; Alehander, El Kassa. (Kukuh Setiawan/Koran SI/dit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/05/49/860917/arema-tak-akan-ubah-karakter