BABAK I: Ilham Udin Bawa Garuda Muda Ungguli Timor Leste

SIDOARJO - Indonesia tampil dominan atas Timor Leste pada babak semifinal AFF Cup U-19. Gol Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-10 mengantar Indonesia memimpin 1-0 di babak pertama.

Tampil di bawah sorak-sorai sekira 35 ribu fans di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (20/9/2013) malam, Indonesia memulai laga dengan tempo sedang. Permainan pendek dari ke kaki diperagakan anak-anak asuh Indra Sjafri.

Sementara di kubu lawan, Timor Leste mencoba melakukan pressing dan mengandalkan umpan-umpan jauh. Namun, sejuah ini belum ada peluang berbahaya dari Negara yang dulunya di bawah kedaulatan Indonesia tersebut.

Peluang pertama untuk Indonesia tercipta pada menit ketujuh, di mana sebuah bola umpan pojok berhasil ditanduk Ilham Udin Armaiyn yang tak terkawal di tiang jauh. Sayang, tandukan Ilham Udin masih menyamping.

Gagal di peluang pertama, Indonesia membuka keunggulan pada peluang keduanya di menit ke-10. Mukhlis Hadi Ning mendapatkan bola di tepi kotak penalti dan kemudian memberikan umpan matang ke Ilham Udin di sisi kanan gawang Timor Leste.

Dengan sedikit aksi gocekan, Ilham Udin melepaskan tembakan dibawah pressing dua pemain Timor Leste. Tendangannya meluncur deras ke pojok kiri gawang tanpa mampu dijangkau kiper Timor Leste. 1-0 Indonesia memimpin.

Unggul, Indonesia kian percaya diri mendominasi jalannya laga. Permainan kaki ke kaki ala Barcelona diperagakan. Indonesia unggul 65 persen penguasaan bola.

Menit ke-18, Indonesia punya peluang lewat tendangan jarak jauh Muhammad Hargianto. Sayang, tendangannya masih menyamping. Dua menit berselang, giliran kapten tim Evan Dimas yang punya peluang dengan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya hanya tipis di sisi gawang.

Di bawah tekanan Indonesia, Timor Leste mendapat peluang emas pada menit ke-33 ketika pemain nomor punggung 15 melepaskan umpan silang ke muka gawang. Namun, Ravi Murdianto tampil gemilang dengan meninju bola untuk mengamankan gawangnya.

Menit ke-37, terjadi insiden benturan antara bek Hansamu Yama Pranata dengan kiper Ravi Murdianto. Kiper andalan Indonesia itu pun harus mendapat perawatan, dan digantikan Rully Desrian.

Terlepas dari pergantian kiper, Indonesia masih terus dominan dan menciptakan sejumlah peluang. Namun, percobaan dari Hargianto, Ilham Udin dan Mukhlis Hadi Ning belum mampu menambah gol. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/20/51/869543/babak-i-ilham-udin-bawa-garuda-muda-ungguli-timor-leste