Cazorla: La Liga Membosankan!

LONDON – Punggawa Arsenal, Santi Cazorla menegaskan bahwa La Liga berjalan monoton, atau membosankan. Alasannya tak lain dengan dominasi dua raksasa asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona.
 
Nyaris dalam satu dekade ini, persaingan di La Liga hanya diperankan oleh dua klub saja. Klub lainnya, seperti Valencia dan Atletico Madrid hanya sebagai penghias saja, yang tampil meyakinkan di awal musim, namun sering tampil inkonsisten di pertengahan hingga musim berakhir.
 
Alhasil banyak pemain asli Spanyol yang lebih memilih hengkang dari Negeri Matador tersebut, untuk bisa mendapatkan tantangan lain, terutama ke Inggris. Pada musim panas lalu, pemain berbakat seperti Jesus Navas, Alvaro Negredo, Roberto Soldado, lebih memilih untuk merantau ke negeri Ratu Elizabeth. Sedangkan Fernando Llorente mencoba peruntungannya ke Italia, bergabung bersama Juventus.
 
"Banyak pemain yang ingin mencoba peruntungan mereka di luar Spanyol, karena di La Liga monoton dengan hanya menyaksikan dominasi Barca dan Madrid saja," ucap Cazorla, seperti dilansir Give Me Sport, Kamis (26/9/2013).
 
"Di luar Spanyol ada banyak kesempatan untuk memenangkan gelar. Di Spanyol, dengan dua tim saja yang menguasai, sulit untuk memenangkan gelar. Selain itu, ada masalah keuangan Negara yang dihadapi,"sambung pemain berusia 28 tahun itu.
 
"Saya tidak berpikir La Liga mengalami kemunduran, tapi juga sejujurnya bahwa pemain seperti Negredo, Soldado, Navas, yang merupakan pemain sangat penting di liga, telah meninggalkan dan bergabung ke Premier League dan saya pikir La Liga telah menurunkan kualitasnya," tutup mantan pemain Villarreal tersebut.
(fir)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/26/46/872034/cazorla-la-liga-membosankan