Chelsea Menyerah dari Basel di Stamford Bridge

LONDON – Secara mengejutkan Chelsea menyerah 1-2 dari tamunya, Basel dalam pertandingan perdana penyisihan Grup E Liga Champions di Samford Bridge, Kamis (19/9/2013) dini hari WIB.
 
Chelsea memimpin lebih dulu melalui Oscar di penghujung babak pertama, namun mereka gagal menggandakan keunggulan, dan Basel malah mampu membalikkan keadaan dengan gol yang dicetak Mohammad Salah pada menit ke-71 dan Marco Streller pada menit ke-81.


Jalannya pertandingan
 
Chelsea langsung berusaha untuk menekan pertahanan Basel sejak peluit kick off dibunyikan wasit. Serangan dilancarkan oleh anak-anak asuhannya Jose Mourinho itu dari berbagai sisi pertahanan tim tamu.
 
Frank Lampard sebagai jenderal lapangan tengah The Blues tak bosan mengalirkan bola ke para pemain depan timnya. Samuel Eto'o, Oscar, dan Willian bergantian mendapatkan peluang, namun sayang lini belakang bermain cukup rapat.
 
Tembakan Lampard pada menit ke-24 hanya berbuah tendangan gawang untuk Basel, sedangkan peluang pada menit ke-26 yang didapat Eto'o usai mendapat umpan Eden Hazard masih melebar. Chelsea sangat mendominasi permainan, namun belum ada gol tercipta.
 
Kerjasama Oscar dan Lampard nyaris berbuah pada menit ke-34 sebelum kiper Basel, Yann Sommer berhasil mengamankan bola. Usaha tuan rumah memecah kebuntuan akhirnya terjadi pada menit ke-45, ketika Oscar menerima sodoran bola dari Lampard, sepakan mendatar gelandang serang Brasil itu tak bisa dihalau Sommer. Chelsea memimpin 1-0 hingga turun minum.


Babak kedua


Basel mencoba memberikan perlawanan kepada Chelsea di awal babak kedua, tapi pertahanan tim asuhan Jose Mourinho bermain disiplin. Klub asal London Barat ini juga masih mendominasi penguasaan bola.
 
Oscar hampir menggandakan keunggulan Chelsea pada menit ke-56, tapi tembakannya hanya membentur mistar gawang. Sundulan Branislav Ivanovic memanfaatkan sepak pojok Lampard jua masih melambung.
 
Secara mengejutkan, gawang Chelsea yang dikawal Petr Cech malah kebobolan pada menit ke-71 sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gl Basel bermula dari Mohammad Salah yang menerima umpan matang dari Marco Streller, pemain itu menempatkan bola ke pojok bawah gawang Cech.
 
Stamford Bridge pun terdengar hening setelah gol balasan Basel. Pertahanan tim tamu langsung kian rapat setelah berhasil menyamakan kedudukan. Sementara The Blues memasukkan Demba Ba untuk menambah daya gedor mereka.
 
Bukan gol yang didapat, gawang Cech malah kembali bergetar pada menit ke-81 lewat Streller, yang memanfaatkan tendangan sudut dengan sempurna. Skor pun berbalik menjadi unggul Basel 1-2. Gawang Chelsea nyaris kembali bobol pada menit ke-83 ketika Delgado gagal memanfaatkan peluang.
 
Tertinggal, serangan Chelsea malah terkesan buntu, dan pertahanan Basel bermain sangat disiplin dalam menghalau para pemain The Blues. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-2 untuk kemenangan Basel tetap bertahan.
 
Susunan pemain kedua tim:


CHELSEA: Petr Cech; Branislav Ivanovic, Gary Cahill, David Luiz, Ashley Cole; Marco Van Ginkel (Obi Mikel 76), Frank Lampard (Demba Ba 76); Eden Hazard, Oscar, Willian (Mata 67); Samuel Eto'o


BASEL: Yann Sommer, Behrang Safari, Ivan Ivanov, Fabian Schar, Kay Voser, Fabien Frei, Valentin Stocker (Ajeti 83), Marcelo Diaz, Mo Salah (Xhaka 88), Giovanni Sio (Delgado 65), Marco Streller.
 
(win)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/19/261/868346/chelsea-menyerah-dari-basel-di-stamford-bridge