Demi Jaga Konsentrasi, Timnas Diasingkan

JAKARTA – Jelang laga lanjutan Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C kontra China, tim nasional (Timnas) Indonesia benar-benar akan dipersiapkan dengan matang. Salah satu cara yang dilakukan adalah, dengan mengasingkan skuad yang ada dari sorotan media yang berlebihan.
 
Laga kontra Team Dragon, julukan Timnas China, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 15 Oktober mendatang, memang sangatlah penting bagi Boaz Solossa dkk. Langkah tim Garuda di PPA akan semakin terjal, jika kembali menelan kekalahan untuk ketiga kalinya di babak grup.
 
Melihat begitu pentingnya laga nanti, tim kepelatihan Timnas Indonesia pun melakukan berbagai upaya untuk memuluskan target yang ada. Langkah menggelar pelatihan nasional (Pelatnas) di luar Jakarta pun akan diambil. Adapun kota yang kemungkinan besar akan dipilih adalah, Malang, Jawa Timur.
 
"Rencananya kami akan kembali menggelar pelatnas jelang laga kontra China pada 25 September mendatang. Dan tidak di Jakarta, kemungkinan besar akan di gelar di Malang," ungkap asisten pelatih timnas Indonesia, Yeyen Tumena.
 
Tidak hanya dari tim kepelatihan yang berusaha keras mempersiapkan skuad. Usaha untuk memberikan lawan uji coba berkualitas bagi tim Garuda, juga terus diusahakan PSSI. Satu laga uji coba tambahan tengah diusahakan, selain menggelar laga pemanasan kontra Timnas Makau pada 29 September mendatang.
 
Untuk memberikan uji coba tambahan, PSSI terus berkomunikasi dengan federasi sepakbola Vietnam dan juga Myanmar. Komunikasi yang dilakukan sendiri, diharapkan bisa berjalan dengan baik. Setelah banyak pihak yang menilai, tidak cukup jika Timnas Indonesia hanya ditempa Makau sebelum berhadapan dengan Team Dragon.
 
"Kemungkinan uji cobanya akan digelar pada tanggal 5 Oktober. PSSI sendiri tengah menunggu jawaban dari federasi sepakbola Myanmar dan Vietnam. Meminta mereka menyediakan waktu beruji coba dengan Indonesia. Dipilihnya kedua negara tersebut, karena dinilai hampir memiliki kesamaan dengan China," jelas Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Joko Driyono.
(Decky Irawan Jasri/Koran SI/fir)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/14/51/865908/demi-jaga-konsentrasi-timnas-diasingkan