Gebuk Parma, Serigala Roma Tembus Peringkat Dua

PARMA – AS Roma jadi tim kedua yang merampungkan tiga giornata perdana Serie A dengan sempurna – selain Napoli. Berbekal angka sempurna yang digondol dari kandang Parma, tim ibu kota tersebut melonjak tiga peringkat ke posisi dua klasemen.
 
Tim besutan Rudi Garcia ini melengkapi sembilan poin dari tiga laga yang sudah dimainkan, setelah menang 3-1 dari Parma, dini hari tadi. Roma pun beranjak dari peringkat lima menggusur tiga tim di atasnya, Juventus, Fiorentina dan Inter Milan untuk membuntuti Napoli di puncak klasemen, di mana Roma hanya kalah selisih gol.
 
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Tempo jalannya pertandingan cenderung alot sejak menit-menit awal. Tuan rumah bertahan dengan ketat, sementara Roma seringkali menjajal percobaan tendangan jarak jauh, baik dari Miralem Pjanic, Alessandro Florenzi hingga Francesco Totti yang gagal menemui target.
 
Memasuki menit ke-27, Florenzi mencobal lagi upaya spekulatifnya. Arah bola kerasnya kali ini mengarah ke gawang, namun sayang masih mampu diblok portiere Parma, Antonio Mirante.
 
Totti sang Capitano juga mengupayakan lagi percobaan serupa dari luar kotak penalti pada menit ke-32. Akan tetapi lagi-lagi Mirante mampu menyelamatkan. Saat Roma asyik menekan, mereka malah dijebol lebih dulu.
 
Parma sukses membuka keunggulan, enam menit menjelang turun minum atau tepatnya di menit ke-39. Berkat sebuah serangan balik, Mattia Cassani mengirim umpan silang yang kemudian disambut tandukan Jonathan Biabiany.
 
Morgan De Sanctis di bawah mistar gawang Roma gagal membendung tandukan bomber Parma asal Prancis tersebut. Papan skor Ennio Tardini pun berubah, 1-0 untuk Parma dan bertahan sampai jeda.
 
Babak Kedua
Tak butuh waktu lama buat tim tamu akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Dua menit setelah babak kedua dimulai, Florenzi mengubah papan skor menjadi 1-1 setelah mendapat assist dari Pjanic.
 
Selang waktu berjalan di babak kedua, tim berjuluk Serigala Roma itu balik mengungguli Gialloblu, 2-1 melalui kaki Totti. Pemain yang kerap disebut Pangeran Roma itu memperdaya Mirante usai dibidani passing Kevin Strootman pada menit ke-70.
 
Sembilan menit berikutnya, Il Lupi kembali menjumput peluang dari kaki Leandro Castan. Tapi arah tembakan Leandro hanya tipis melintas di samping gawang Parma. Namun di menit ke-85, gol ketiga Roma tak mampu dicegah tuan rumah.
 
Roma memperlebar keunggulan, 3-1 dari titik putih. Hadiah penalti Roma diberikan arbitro (wasit) Marco Guida setelah Cassani melanggar Strootman di kotak terlarang. Strootman sendiri yang jadi algojo, sukses memecundangi Mirante. Skor 3-1 itu pun akhirnya bertahan hingga laga bubar dan Roma pulang dari kandang Parma dengan curian tiga poin.
 
Susunan Pemain
Parma: Antonio Mirante, Massimo Gobbi/Djamel Mesbah (90'), Mattia Cassani, Alessandro Lucarelli, Felipe DalBelo, Walter Gargano, Marco Marchionni, Marco Parolo, Antonio Cassano, Amauri Carvalho/Stefano Okaka (69'), Jonathan Biabiany/Nicola Sansone (77').
 
AS Roma: Morgan De Sanctis, Douglas Maicon, Mehdi Benatia, Federico Balzaretti, Leandro Castan, Daniele De Rossi, Miralem Pjanic, Kevin Strootman, Alessandro Florenzi/Marquinho De Mattos (69'), Francesco Totti/Marco Borriello (76'), Adem Ljajic/Gervinho Kouassi (54').
(raw)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/17/47/867060/gebuk-parma-serigala-roma-tembus-peringkat-dua