Hasil Lengkap Matchday Perdana Liga Champions

JAKARTA – Duo klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona meraih kemenangan besar pada matchday pembuka penyisihan grup UEFA Champions League (UCL) 2013/2014. Sementara kejutan besar ditampilkan klub semenjana FC Basel yang mempermalukan mantan juara UCL, Chelsea.

Madrid membuka petualangannya di Grup B dengan bertandang ke Turk Telekom Arena, markas Galatasaray. Laga ini diprediksi bakal ketat mengingat Galatasaray punya materi lumayan, plus pada pertemuan terakhir Madrid harus menyerah  2-3.

Namun kenyataan justru berkata lain. Anak-anak asuhan Carlo Ancelotti hanya mendapat perlawanan sengit di babak pertama di mana mereka hanya unggul 1-0. Setelah itu, El Real kian menggila dengan menggelontorkan tambahan lima gol dan memastikan kemenangan 6-1.

Cristiano jadi bintang dengan torehan hattrick. Ini merupakan kali kedua CR7 menggoreskan tiga gol dalam satu laga Liga Champions. Sebelumnya, dia melakukannya ke gawang Ajax Amsterdam.

Namun, kemenangan besar ini diiring dengan nasib buruk yang menimpa Iker Casillas. Kiper yang baru dipercaya turun sebagai starter ini hanya tampil sekira 15 menit karena mengalami cedera tulang rusuk usai berbenturan dengan Sergio Ramos.

Pada partai lain di Grup B, Juventus di luar dugaan gagal menaklukkan tim lemah FC Copenhagen di Denmark. Jawara Serie A tersebut bahkan nyaris kalah andai Fabio Quagliarella tidak mencetak gol untuk memaksakan hasil imbang 1-1.

Dengan demikian, klasemen sementara Grup A ialah; Madrid (3), Juventus (1), FC Copenhagen (1) dan Galatasaray (0).

Dari grup A, Manchester United sukses menaklukkan tamunya Bayer Leverkusen 4-2 di Old Trafford. Wayne Rooney jadi bintang dengan mencetak dua gol sekaligus menggenapi torehan golnya bersama Setan Merah menjadi 200 gol. Dua gol lainnya dicetak Robin van Persie dan Antonio Valencia.

Di pertandingan lain, jawara Liga Ukraina Shakhtar Donetsk juga tampil ciamik kala bertandang ke markas wakil Spanyol, Real Sociedad. Shakhtar menang 2-0 berkat borongan gol Aleix Teixeira.

Klasemen sementara Grup B: Manchester United (3), Shakhtar (3), Leverkusen (0), dan Sociedad (0).

Dari grup C, raksasa Prancis Paris Saint Germain (PSG) sempat mendapat kesulitan di babak pertama saat menyambangi markas Olympiakos Pireaus. Setelah bermain 1-1 di babak pertama, PSG baru ganas di babak kedua saat stamina para pemain Olympiakos mulai habis. Tiga gol berhasil disarangkan untuk memastikan kemenangan 4-1.

Di tempat lain, raksasa Portugal Benfica masih terlalu kuat buat juara Liga Belgia, Anderlecht. Finalis Europa League musim lalu ini menang 2-0 berkat gol  Filip Duricic dan Luisao.

PSG untuk sementara masih memimpin Grup C dengan koleksi tiga poin, unggul selisih gol dari Benfica (3), Anderlecht (0) dan Olympikos (0).

Juara Liga Champions musim lalu, Bayern Munich membuka kampanye musim ini dengan kemenangan 3-0 atas CSKA Moskow di Allianz Arena. Kemenangan ini memutus rekor buruk selama enam tahun terakhir di mana tim juara bertahan selalu gagal meraih kemenangan di laga perdana.

Bayern untuk sementara memimpin klasemen Gru D, bersama dengan raksasa Inggris, Manchester City yang juga sukses memetik kemenangan 3-0 saat bertandang ke markas Viktoria Plzen.

Di Grup E, kejutan besar ditampilkan FC Basel yang bertandang ke markas Chelsea, Stamford Bridge. Sempat tertinggal 0-1 lewat gol Oscar, Basel berhasil membalikkan kedudukan lewat gol Mohamad Salah dan Marco Streller. Kekalahan 1-2 jelas mencoreng reputasi Jose Mourinho.

Kontestan lainnya, Schalke 04 sukses meraih kemenangan meyakinkan saat menjamu Steaua Bucuresti. Eks gelandang Milan, Kevin Prince Boateng menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-0 The Royal Blues.

Schalke pun berhak memimpin klasemen sementara dengan poin 3, unggul selisih gol dari Basel. Chelsea harus rela berada di urutan tiga (0) disusul Steaua di dasar klasemen.

Dari Grup F, finalis musim lalu Borussia Dortmund harus mengakui keunggulan tim yang digadang-gadang jadi kuda hitam di musim ini, Napoli. Tandang ke San Paolo, Dortmund dipaksa pulang membawa kekalahan 1-2, lewat gol Gonzalo Higuain dan Lorenzo Insigne serta gol bunuh diri bek Napoli Juan Zuniga.

Laga ini sendiri berlangsung cukup keras di mana kiper Dortmund, Roman Weidenfeller mendapatkan kartu merah, yang diikuti dengan diusirnya sang pelatih Jurgen Klopp akibat melakukan protes keras.

Di tempat lain, Arsenal berhasil mengatasi tekanan tuan rumah Olympique Marseille. The Gunners yang dipimpin bintang anyarnya Mesut Ozil, menang 2-1 berkat gol Theo Walcott dan Aaron Ramsey.

Napoli dan Arsenal untuk sementara memimpin klasemen Grup F dengan poin tiga.

Di Grup G, Atletico Madrid sukses memimpin klasemen berkat kemenangan 3-1 atas wakil Rusia, Zenit St Petersburg. Atletco hanya unggul selisih gol dari FC Porto yang pada saat bersamaan menang 1-0 atas Austria Wien.

Dari grup H yang disebut-sebut sebagai 'grup neraka', dua unggulan Barcelona dan AC Milan berhasil melewati laga perdana dengan kemenangan. Barca tampil brilian dengan menggerus Ajax Amsterdam 4-0 di Camp Nou. Lionel Messi jadi bintang dengan mencetak hattrick.

Di pertandingan lain, Milan yang menjamu Celtic juga sukses memetik tiga poin usai menang 2-0. Namun publik San Siro harus menunggu hingga 10 menit terakhir untuk menyaksikan gol bunih diri  Emilio Arturo Izaguirre dan Sulley Muntari.

Klasemen sementara Grup H: Barcelona (3), AC Milan (3), Celtic (0) dan Ajax (0). (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/19/261/868621/hasil-lengkap-matchday-perdana-liga-champions