Incar Gelar Perdana di Piala AFF U-16

JAKARTA – Tim nasional (timnas) U-16 Indonesia incar gelar perdana diajang Piala AFF U-16. Gelar perdana akan diraih, jika mampu menundukan timnas U-16 Malaysia di partai puncak Piala AFF 2013 Myanmar di Stadion Wunna Theikdi, Naypyidaw, Myanmar, hari ini.

Kabar menggembirakan datang dari tim Garuda Muda Indonesia di Myanmar. Di luar dugaan, tim besutan Sutan Harharah mampu melaju ke final Piala AFF U-16 dengan berhasil melewati hadangan timnas U-16 Australia. Bentrok dibabak semi final, timnas U-16 mampu unggul lewat babak adu penalti dengan skor akhir, 7-6.

Timnas U-16 Malaysia sendiri bukan lawan asing bagi timnas U-16 Malaysia. Karena sebelumnya di fase grup, kedua negara serumpun tersebut sempat bertemu. Dimana skor akhir di laga yang juga di gelar di Stadion Wunna Theikdi, Naypyidawa, tersebut, kedua tim harus bermain imbang dengan skor kaca mata.

Melihat hasil imbang dipertemuan perdana, berbagai strategi akan diterapkan Sutan. Pelatih kelahiran Jakarta, 19 Agustus 1952 tersebut, mengaku akan mengedepankan dua strategi untuk menjinakan Harimau Malaya Muda tersebut. Dimana kedua strategi yang akan dikedepankan adalah, 4-4-2 dan 4-2-3-1.

"Secara keseluruhan kemungkinan tidak ada perubahan komposisi pemain dalam pertandingan final nanti. Saya hanya tekankan kepada strategi yang akan coba saya pakai nanti. Dimana akan ada dua strategi, yaitu 4-4-2 dan 4-2-3-1," ungkap Sutan.

Kesempatan emas bagi timnas U-16 Indonesia untuk mencatatkan sejarah seolah terbuka lebar. Dimana terhitung sejak tahun 2002 diputarnya Piala AFF U-16, belum pernah sekali pun Indonesia keluar bagai juara. Jangankan juara, untuk masuk ke partai final saja baru di tahun ini terjadi.

Dari kurun waktu tersebut, catatan terbaik Indonesia diajang Piala AFF U-16 hanyalah duduk diposisi ketiga. Yaitu di tahun 2002. Sementara lebihnya, Indonesia sempat dua kali ada diperingkat keempat pada pergelarab Piala AFF U-16 di tahun 2007 dan 2010.

Walau beban berat ada dipundak Gatot Wahyudi dkk, Sutan meminta anak-anak asuhnya tersebut untuk tidak terbebani. Penekanan tersebut menjadi sangatlah penting, mengingat usia yang masih begitu muda dari para pemainnya tersebut.

"Yang lebih terpenting adalah faktor psikologis dari para pemain. Hal itu akan menjadi peranan penting dalam pertandingan besok (hari ini). Sekarang, bagaimana mereka bisa bermain tanpa adanya beban," jelas Sutan. (decky irawan jasri)

Perjalanan Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 Myanmar
Perjalanan di Grup B :
Indonesia 4-0 Laos
Indonesia 1-1 Singapura
Indonesia 0-0- Malaysia
Babak Semi Final :
Indonesia 7-6 Australia
(Decky Irawan Jasri/Koran SI/min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/02/51/859046/incar-gelar-perdana-di-piala-aff-u-16