IPL Galau, PSM Tetap Genjot Latihan

MAKASSAR – PSM Makassar tampak tidak terlalu terpengaruh dengan kegalauan yang melanda kompetisi Indonesia Premier League (IPL) 2013-2014. Rahmat Takalar dkk terus berlatih serius di bawah pengawasan pelatih caretaker Imran Amirullah, Selasa (3/9/2013) sore di Stadion Mattoanging, Makassar.
 
Latihan yang menghabiskan waktu 60 menit itu berisi tiga sesi. Sepuluh menit pertama, tim dibagi delapan lawan delapan memperagakan penguasaan bola lewat umpan-umpan mendatar dalam ¾ bidang lapangan.
 
Sementara 8 vs 8 pemain digenjot materi teknis. Dua penjaga gawang Fachrul Nurdin dan Komang Arya diberi asupan tendangan bebas langsung dai luar kotak penalti oleh asisten pelatih baru PSM, Syafril Usman.
 
Sepuluh menit kedua, anggota tim diperbesar sebelas lawan sebelas. Mereka bermain dalam bidang satu lapangan penuh. Kali itu, Imran mengarahkan pemain agar membuat umpan panjang yang diakhiri umpan tarik dari sayap ke depan gawang.
 
Pada sesi ini, para pemain belakang bertindak pasif, tidak menekan penyerang, melainkan hanya membayangi pergerakan mereka saja. Pantauan Okezone, tiga gol sempat bersarang ke gawang antara lain dari sundulan striker anyar Abanda Rahman dan Rasyid Bakrie.
 
Sesi terakhir, pemain diperintahkan berlaga serius layaknya sedang bertanding sungguhan. Cuma para pemain diharuskan hanya mengambil bola dengan tiga sentuhan. Lebih dari tiga kali bola disentuh, pemain yang membawanya langsung diperingatkan dengan bunyi peluit. Selama 40 menit, latih tanding ini dijalankan. Gelandang Kurniawan Karman berhasil mencetak gol cantik, hasil dari sebuah taktik kombinasi di mulut gawang.
 
"Kami menjaga kekompakan, motivasi, dan kolektivitas tim jadi latihan yang diberikan mengutamakan pada sentuhan. Terus bagaimana cara membongkar pertahanan lawan ketika lawan fokus di pertahanan. Tapi ya inilah masih perlu kami uji lagi karena pola itu belum jalan betul. Mudah-mudahan pemain bisa makin baik," tanggap Imran kepada Okezone usai berlatih.
 
Tapi suksesor sementara Petar Segrt itu tidak menampik dirinya mengalami kesulitan menyiapkan materi latihan. Galaunya IPL yang tengah dirundung nasib malang tak pelak lagi menjadi pangkal penyebab persoalan.
 
"Karena tidak tahu besok (lawan Persibo Bojonegoro, Rabu (4/9/2013)-Red) bagaimana jadinya. Mudah-mudahan di pertandingan yang akan datang lawan Persepar Palangkaraya sudah bisa jalan skema yang kami inginkan," tuntas Imran.
(fit)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/03/49/860279/ipl-galau-psm-tetap-genjot-latihan