Kontroversi Diving Young, Moyes Beri Masukan untuk EPL

MANCHESTER – Kemenangan 2-0 yang dipetik Manchester United atas Crystal Palace pada lanjutan Premier League, meninggalkan sedikit kecewa bagi pelatih United, David Moyes. Dia tidak senang kemenangan timnya disebut berbau kontroversi.

United berhasil menekuk Palace di Old Trafford lewat sumbangan gol penalti Robin van Persie dan tendangan bebas Wayne Rooney. Sayangnya, kemenangan tersebut sedikit mendapat cibiran lantaran salah satu punggawa United, Ashley Young dituding telah melakukan aksi kotor, yakni diving.

Dalam laga tersebut, Young sempat mendapat kartu kuning pada menit ke-19, karena dianggap melakukan diving saat terlibat kontak dengan bek Palace,    Kagisho Dikgacoi.

Dan pada momen berikutnya, Young kembali dijatuhkan Dikgacoi. Namun, kali ini wasit menilai Young tidak diving. Wasit Jonathan Moss bahkan memberikan kartu merah langsung kepada Dikgacoi plus penalti untuk Setan Merah yang sukses dieksekusi oleh Robin van Persie.

Menanggapi tudingan miring tersebut, Moyes mengaku sulit memberikan penilaian yang fair. Sebagai solusinya, dia menyarankan Premier League menerapkan teknologi retrospective video atau tayangan ulang untuk menentukan apakah seorang pemain melakukan diving atau tidak.

"Saya sudah berbicara dengannya (Young) secara pribadi, dan saya mengatakan setelah pertandingan –dan saya sudah mengatakannya bertahun-tahun lalu, saya rasa kita seharusnya punya video retrospective (tayangan ulang) untuk menilai aksi diving. Saya rasa itu akan membantu wasit," tutur Moyes sebagaimana dikutip Goal, Selasa (17/9/2013).

"Itu tidak mengubah pandangan saya baik itu ketika di Everon maupun kini di Manchester United. Kita bisa melakukan apa saja yang kita suka soal hukuman, tapi ada aturannya. Wasit punya aturan yang harus mereka patuhi dan wasit pada laga Sabtu lalu melakukan apa yang harus ia lakukan - memberinya kartu kuning," Moyes sepakat dengan keputusan Moss yang memberikan Young kartu kuning. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/17/45/867330/kontroversi-diving-young-moyes-beri-masukan-untuk-epl