Laga Tanpa Penonton, PSSI Bisa Rugi Rp10 Miliar

JAKARTA - Keputusan komdis AFC mengenai larangan Timnas membawa penonton saat pertandingan berdampak kerugian materiil bagi PSSI. Sekjen PSSI, Djoko Driyono, mengaku PSSI bisa mengalami kerugian mencapai Rp10 miliar.
 
"Kita sempat lost 5,1 miliar rupiah pada pertandingan melawan Arab, jika kita terkena larangan adanya penonton saat pertandingan kita bisa rugi 10 miliar rupiah," ujar Djoko Driyono kepada wartawan, Senin (30/09/2013) di kantor PSSI, Senayan, Jakarta.
 
Dia mengatakan bahwa larangan ini hanya berlaku bagi timnas senior saja. PSSI pun diinstruksikan oleh pihak Komisi Disiplin AFC untuk tidak diperbolehkan disaksikan suporter pada dua laga ke depan yaitu tanggal 15 Oktober saat melawan China, dan saat laga menghadapi Irak yang akan dilangsungkan pada 19 November nanti.
 
Namun, pihak AFC sendiri memberikan keringanan terhadap PSSI. Di mana AFC akan memberi ruang kepada PSSI yang telah melakukan komitmen dengan partner dan sponsor yang bersifat corporate untuk tetap dapat membawa penonton dalam kategori VVIP.
 
"Sekalipun tanpa penonton, AFC memberi kesempatan kepada kita untuk mengundang penonton menyaksikan pertandingan, tapi hanya untuk kategori VVIP, yang telah melakukan komitmen dengan pihak sponsor dan partner PSSI yang bersifat corporate, namun itupun kita harus memberikan data kepada pihak komdis berapa orang yang akan datang ke stadion," jelasnya.
 
"PSSI sudah menjadi bagian dari penonton, oleh karena itu kita sebenarnya sudah berupaya untuk mengimbau para penonton untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang," tambah Djoko Driyono.
 
Sementara itu, untuk pertandingan U19 nanti pihak PSSI akan melakukan pertemuan dengan komite keamanan agar saat laga berlangsung tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kembali.
 
"Kita akan meeting dengan komite keamanan, saat pertandingan Timnas U19 nanti harus steril," tutupnya.
 
(win)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/10/01/51/874429/laga-tanpa-penonton-pssi-bisa-rugi-rp10-miliar