Leverkusen, Ujian di Debut Moyes

MANCHESTER – David Moyes akan menjalani pengalaman pertamanya menukangi Manchester United di ajang Liga Champions. Bayer Leverkusen menjadi lawan United dalam debut pelatih asal Skotlandia itu bersama Setan Merah di kompetisi antar klub elite Eropa tersebut.
 
Kurangnya pengalaman Moyes di kompetisi Eropa dipastikan menjadi sorotan publik menjelang pertandingan kontra klub Bundesliga itu. Laga ini menjadi pembuktian untuk Moyes, bahwa meski belum pernah melatih klub yang berkiprah di Liga Champions, dia juga mampu membawa timnya berbicara lebih banyak di kompetisi Eropa.
 
Moyes butuh kemenangan untuk kian menumbuhkan kepercayaan anak-anak asuhannya kepada dirinya. Kebetulan, United juga datang ke pertandingan nanti dengan hasil bagus usai mengalahkan 10 orang Crystal Palace dengan skor 2-0.
 
Soal pilihan pemain, mantan arsitek Everton ini mengalami dilema, khususnya di lini depan. Wayne Rooney dalam pertandingan melawan Palace dimainkan selama 90 menit, dengan memakai bandana di kepala untuk menutupi lukanya. Dan Wazza -sapaan Rooney- tampil gemilang dengan menyumbang satu gol.
 
Kemungkinan besar, Moyes akan menurunkan Robin van Persie dan Danny Welbeck demi mengistirahatkan Rooney. Sementara di lini tengah, Marouane Fellaini siap melakoni debutnya bersama Setan Merah di Liga Champions. Moyes juga diyakini akan mengandalkan Ryan Giggs, mengingat pengalaman yang dimiliki pemain veteran asal Wales itu.
 
Namun, United punya catatan kurang mengesankan di kompetisi Eropa setelah hanya menang tiga kali dalam sembilan penampilan terakhir mereka di Old Trafford. Musim lalu, di Old Trafford juga United tersingkir di babak 16 besar Liga Champions usai kalah 1-2 dari Real Madrid.
 
Meski demikian untuk rekor melawan klub-klub asal Jerman, United boleh percaya diri karena hanya kalah dua kali dari 12 pertemuan di Old Trafford. Jadi, markas Manchester United terbilang angker untuk klub-klub Bundesliga.
 
Leverkusen diyakini bakal kesulitan saat bertandang ke Theatre of Dreams, terlebih rekam jejak tim asuhan Sami Hyypia ini di Liga Champions kalah mentereng dari United. Pada Liga Champions edisi 2002-2003, kedua tim juga berada dalam satu grup, dan kala itu Setan Merah menang 2-0 di Old Trafford, dan kembali menang 2-1 di BayArena.
 
Tapi, performa Werkself -julukan Leverkusen- sendiri tengah menanjak. Setelah menang 3-1 atas Wolfsburg akhir pekan lalu, kini Leverkusen menduduki peringkat ketiga klasemen sementara Bundesliga.
 
Bek-bek United juga wajib mewaspadai duet Sidney Sam dan Stefan Kiessling, karena kedua terlihat makin kompak di lini serang. United tentu lebih diunggulkan dalam pertandingan nanti, tapi Leverkusen dipastikan ingin membawa poin dari Old Trafford.
 
Prakiraan susunan pemain:
 
ManUnited: De Gea; Evra, Ferdinand, Vidic, Fabio, Giggs, Fellaini, Carrick, Young, Van Persie, Welbeck.
 
Leverkusen: Leno; Donati, Toprak, Spahic, Wollscheid, Rolfes, Can, Sam, Castro, Kiessling, Heung-Min
 
(win)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/16/282/866594/leverkusen-ujian-di-debut-moyes