Mourinho: Robson Pengaruhi Karier Saya

LONDON – Pelatih Chelsea, Jose Mourinho, turut memberi penghormatan kepada legenda Inggris, Sir Bobby Robson. Menurut Mourinho, sosok Sir Bobby Robson banyak mempengaruhi perjalanan kariernya.
 
"Bobby Robson adalah salah satu dari sekian banyak orang yang akan selalu saya ingat. Tidak hanya mengenai apa yang telah dilakukan sepanjang kariernya yang luar biasa, melainkan juga akan apa yang telah ditinggalkannya. Saya beruntung mengenalnya, ujar Mourinho, seperti dilansir Tribalfootball, Selasa (24/9/2013).
 
Mou –julukan Mourinho-, yang menjadi salah satu pembicara di acara Sir Bobby's Breakthrough Online Auction ini, turut mengkampanyekan perang melawan kanker.
 
"Saya sangat bahagia dapat kembali mendukung Sir Bobby's Breakthrogh Auction dan saya akan mengajak semua orang di seluruh dunia untuk melakukan hal yang sama. Bersama-sama kita akan saling membantu membuat perubahan besar dalam perang melawan kanker," tutup Mou.
 
Robson memiliki reputasi sebagai salah satu pelatih muda terbaik di Inggris, setelah membawa klub kecil Ipswich Town tahun 1969, sebagai tim yang selalu bersaing untuk memperebutkan gelar liga serta memenangi Piala FA tahun 1978, dan Piala UEFA tahun 1981.
 
Robson kemudian ditunjuk menjadi pelatih tim nasional Inggris tahun 1982. Meskipun mengalami berbagai masa sulit, ia mengakhiri kariernya sebagai pelatih tim nasional membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia 1990.
 
Robson juga menjadi tokoh panutan sepakbola dunia. Setelah mundur sebagai pelatih Inggris, ia memulai perjalanan karier kepelatihannya keliling Eropa dengan menangani PSV Eindhoven, Sporting Lisbon dan FC Porto, serta Barcelona sebelum melatih Newcastle.
 
Pekerjaan terakhirnya dalam dunia sepakbola ialah menjadi konsultan khusus bagi tim nasional Irlandia. Robson meninggal dunia pada usia 76 tahun setelah menderita kanker paru-paru yang dideritanya.
(hmr)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/24/45/871104/mourinho-robson-pengaruhi-karier-saya