MU Sarangkan Empat Gol ke Gawang Leverkusen

MANCHESTER - Manchester United berhasil menang dalam laga perdana di babak penyisihan Liga Champions Grup A atas Bayern Lebverkusen, Rabu (18/9/2013) dini hari WIB. United menutup laga dengan skor kemenangan 4-2.

Pelatih David Moyes sukses meraih kemenangan dalam debutnya di kancah Liga Champions bersama United. Kemenangan timnya tak lain berkat gol dari Wayne Rooney (dua gol), Robin van Persie, dan Antonio Valencia.

Sedangkan dua gol Leverkusen dicetak oleh Simon Rolfes dan Omer Torak. Kemenangan ini membawa United memuncaki klasemen Grup A dengan raihan tiga poin, yang juga unggul selisih gol dari Shaktar Donets yang menang atas Real Sociedad lewat skor 2-0.

Jalannya Pertandingan:
Babak Pertama

Pada menit awal di Old Traffrod, laga masih berjalan lambat dan bola terus berkutat di lini tengah. Memasuki menit kedelapan, Shinji Kagawa yang turun sebagai starter mencoba melakukan tusukan ke kotak penalti lawan lewat sisi kiri.

Sayang, Rooney yang mendapatkan bola hasil umpan Kagawa tersebut masih gagal mengonversinya menjadi gol. Pada menit ke-10, giliran Robin van Persie yang mendapatkan peluang.

Berawal dari umpan terobosan Marouane Fellaini, Van Persie langsung meneruskannya dengan sepakan kaki kirinya. Sayang, bola hasil tembakan kerasnya tersebut masih melebar di sisi gawang Leverkusen yang dikawal kiper Leno.

Akhirnya, usaha para pemain Setan Merah menjadi sebuah gol pada menit ke-22. Gol pembuka United dicetak oleh Wayne Rooney, gol sendiri berawal dari umpan satu dua antara Van Persie dengan Fellaini.

Kemudian diteruskan kepada Evra, Rooney yang telah berada di depan muka gawang Leverkusen dengan mudah mengonversi umpan silang Evra menjadi gol lewat bola dipantulkan ke tanah. Skor 1-0 bagi keunggulan tuan rumah.

Van Persie harus menjadi bulan-bulanan para bek Leverkusen, hingga dirinya dijatuhkan oleh dua pemain lawan di luar kotak penalti pada menit ke-42. Rooney yang menjadi eksekutor tendangan bebas tersebut, gagal mengubahnya menjadi gol karena bola masih menjauh dari gawang.

Kagawa yang bermain cukup aktif pada laga ini, melakukan kontrol dada dengan sangat baik, sepakan volinya keras menghujam ke arah gawang Leverkusen. Sayang, bola masih bisa diblok dan United gagal menggandakan kedudukannya.

Jelang menit-menit akhirnya, United lebih banyak menguasai jalannya pertandingan namun masih sulit menghancurkan lini belakang lawan. Skor 1-0 pun menjadi akhir di babak pertama ini.

Babak Kedua
Memasuki interval kedua, Leverkusen mencoba bangkit dan lebih serius melakukan terobosan ke lini pertahanan Setan Merah. Serangan demi serangan tersebut cukup membuat keteteran para pemain belakang United.

Hingga akhirnya, Leverkusen berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Gol penyama tersebut dicetak oleh Simon Rolfes dari luar kotak penalti, bola berhasil menghujam gawang United dan membuat De Gea terdiam.

Hanya butuh selang waktu lima menit saja bagi United untuk kembali unggul, gol kedua ini dicetak oleh Van Persie. Berawal dari Valencia yang menyerang dari sisi kanan, kemudian melepas umpan silang dan langsung disambut tendangan salto dari Van Persie.

Skor 2-1 membuat pertandingan semakin menarik hingga kedua tim saling terlibat jual beli serangan. Akan tetapi, United masih lebih banyak mencetak peluang ketimbang tim tamu yang berasal dari Jerman ini.

Pada menit ke-69, gawang United kembali dikejutkan oleh sepakan keras Bender dari dalam kotak penalti. Beruntung, bola malah meluncur tepat ke pelukan kiper asal Spanyol, David De Gea.

Rooney kembali mencetak gol bagi United dan mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-70. Gol sendiri berawal dari kecerdikan De Gea melesatkan bola langsung ke Rooney yang tengah tanpa kawalan di daerah Leverkusen.

Bola sendiri sempat mengenai bek lawan, akan tetapi berhasil dikuasai Rooney. Pemain yang mencetak gol ke gawang Crystal Palace ini, berhasil mengelabui kiper lawan lewat bola sepakannya di dalam kotak penalti.

Unggul membuat United semakin nyaman dalam penguasaan bola hingga 59 persen. Kondisi tersebut cukup berdampak baik, hingga United berhasil mencetak gol keempat dan mengubah skor menjadi 4-1 pada menit ke-79.

Berawal dari Van Persie yang melakukan terboson, kemudian melepaskan umpan ke Rooney yang berada di tengah. Melihat Antonio Valencia lebih berpeluang  mencetak, Rooney pun langsung memberikan umpan.

Valencia kembali bernomor punggung 25 langsung melesatkan sepakan keras yang berhasil menggetarkan gawang Leverkusen. Akan tetapi, Leverkusen berhasil memperkecil kedudukan menjadi 4-2.

Gol kedua Leverkusen dicetak oleh Ă–mer Torak yang berhasil memanfaatkan kemelut di muka gawang United. Jelang berakhirnya laga, Van Persie gagal memanfaatkan peluang hasil umpan datar Valencia, padahal kondisi gawang sudah kosong.

Memasuki menit-menit akhir babak kedua, Leverkusen langsung menekan lini belakang United. Akan tetapi, tak ada lagi gol tercipta dan membuat skor 4-2 tetap bertahan bagi kemenangan United.

Susunan Pemain
Manchester United:
1-David De Gea; 12-Chris Smalling, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 25-Antonio Valencia, 26-Shinji Kagawa (18-Ashley Young 71), 16-Michael Carrick, 31-Marouane Fellaini (23-Tom Cleverley 80); 20-Robin Van Persie, 10-Wayne Rooney

Bayern Leverkusen:
1-Bernd Leno; 26-Giulio Donati, 5-Emir Spahic, 21-Omer Toprak, 17-Sebastian Boenisch; 10-Emre Can, 3-Stefan Reinartz, 6-Simon Rolfes; 18-Sidney Sam (23-Robbie Kruse 78), 11-Stefan Kiessling (9-Eren Derdiyok 78), 7-Heung-Min Son (8-Lars Bender 64)
(min)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/18/261/867695/mu-sarangkan-empat-gol-ke-gawang-leverkusen