Paolo Di Canio Dipecat Sunderland

SUNDERLAND – Karier Paolo Di Canio sebagai pelatih Sunderland hanya bertahan enam bulan. Start buruk di awal musim ini memaksanya harus menanggalkan jabatannya sebagai pengasuh 'Kucing Hitam'.

Di Canio sempat dielukan ketika sukses menyelematkan Sunderland dari jurang degradasi setelah ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Martin O'Neill, Maret lalu, ketika kompetisi 2012/2013 menyisakan delapan laga.

Memimpin delapan laga sisa, mantan bintang West Ham United ini berhasil membawa kucing hitam mengakhiri kompetisi di posisi 17, atau hanya satu strip di atas jurang degradasi. Di Canio pun dielukan publik Stadium of Lights yang sempat cemas timnya turun kasta.

Namun, di musim penuh pertamanya Di Canio justru gagal memberikan sentuhan terbaiknya. Dari lima laga yang dilakoni The Black Cats, pelatih kontroversial tersebut tak mampu memberikan kemenangan. Dia baru memberikan satu poin, hasil imbang kontra Southampton di laga kedua. Selebihnya, kalah melawan Fulham, Crystal Palace, Arsenal dan terakhir West Bromwich Albion berujung kekalahan.

Dengan hanya mengoleksi satu poin, Sunderland kini terjerembab di dasar klasemen sementara Premier League.

Hasil ini praktis membuat manajemen Sunderland kecewa hingga akhirnya memutuskan untuk memecat Di Canio usai laga kontra West Bromwich Albion di mana Sunderland kalah telak 0-3, Sabtu (21/9/2013).

Dengan demikian, Di Canio hanya memimpin 13 laga Sunderland selama enam bulan karier kepelatihannya. Isu yang berembus, Sunderland kini tengah melakukan pendekatan kepada mantan pelatih Chelsea dan Gustavo Poyet sebagai penggantinya.

Sunderland memang harus bergerak cepat mencari pelatih baru. Pasalnya, dua pekan ke depan mereka akan menjalani dua laga tandang berat, yakni kontra Liverpool (29/9) dan Manchester United (5/10). (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/23/45/870130/paolo-di-canio-dipecat-sunderland