Pelatih Berbeda, Filosofi Barca Tetap Sama

BARCELONA – Pergantian pelatih Barcelona dari Tito Vilanova ke Gerardo 'Tata' Martino pada musim ini dipastikan tidak akan berdampak banyak pada permainan Blaugrana. Full back, Adriano Correia menegaskan bahwa filosofi Barca akan tetap sama meski pelatih berbeda.

Sebelumnya, keputusan manajemen klub merekrut Tata sempat menimbulkan kecemasan bahwa gaya bermain Barca akan berbeda. Tata dikenal sebagai pelatih yang suka menerapkan bola-bola panjang di sejumlah klub yang ditukanginya.

Namun, kecemasan tersebut dibantah Adriano yang mengaku Tata tidak mengubah filosofi Barca yang mengutamakan permainan kolektivitas dengan umpan-umpan pendek yang jadi senjata utamanya. Pola ini biasa disebut Tiki-taka.

"Tata datang ke sini, tidak untuk mengubah apa pun. Dia hanya ingin kami mengingat dan melanjutkan apa yang telah kami lakukan, karena filosofi Barcelona tidak akan berubah," ujar Adriano sebagaimana dikutip Goal, Jumat (13/9/2013).

Lebih jauh, Adriano juga mengaku siap memberikan yang terbaik untuk Barca di musim ini. Dia bahkan mengaku tidak akan mengeluhkan apa pun yang diinstruksikan pelatih.

"Saya bisa bermain di beberapa posisi. Saya juga bisa bermain sebagai bek tengah jika dibutuhkan, karena saya juga sering melakukannya di sesi latihan. Tata percaya pada saya itu yang penting. Soal saya main sebagai bek kiri, kanan atau tengah saya hanya ingin memberikan yang terbaik," tandas bek yang direkrut dari Sevilla tersebut. (acf)


source : http://bola.okezone.com/read/2013/09/13/46/865733/pelatih-berbeda-filosofi-barca-tetap-sama